Mengenal Ular Syuja'ul Aqra, Ular yang Menemani di Alam Kubur

Rabu, 07 Februari 2024 - 13:55 WIB
loading...
Mengenal Ular Syujaul Aqra, Ular yang Menemani di Alam Kubur
Ular Syujaul Aqra dipercaya memiliki tampang mengerikan dan menemani mereka yang tidak menjalankan Shalat 5 waktu. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Ular Syuja'ul Aqra bukanlah binatang yang dapat ditemui oleh umat manusia semasa hidup di dunia. Karena ular ini dipercaya oleh umat Islam sebagai hewan yang muncul di alam kubur.

Umat Muslim mempercayai bahwa setelah kematian masih akan ada kehidupan abadi yang menanti, yakni kehidupan di alam kubur dan akhirat. Ketika berada di alam kubur setiap umat manusia akan terus menunggu sampai hari Kiamat tiba untuk mengantarkannya ke alam akhirat.

Pada saat menunggu di alam kubur inilah umat manusia akan mendapat perlakuan sesuai dengan apa yang telah diperbuatnya semasa di dunia.

Jika seorang individu selalu beramal saleh dengan menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya maka akan diperlakukan dengan baik. Sebaliknya, jika individu tersebut banyak berbuat dosa semasa di dunia maka akan mendapat siksa kubur.

Mengenal Ular Syuja'ul Aqra

Terkait siksa kubur ini ada kaitannya dengan Ular Syuja'ul Aqra. Ular ini diperintahkan oleh Allah untuk menyiksa setiap umat manusia yang tidak menjalankan perintah sholat lima waktu.

Perintah sholat lima waktu dalam muslim sendiri telah tercantum dalam Rukun Iman, sehingga wajib untuk dilakukan. Setiap orang yang tidak menjalankannya dengan sengaja maka akan mendapat dosa besar.

Dalam buku "Yang Bangkrut dan Yang Untung di Alam Kubur" oleh Al-Hafizh Taqiyuddin al-Jurjani, dijelaskan jika Ular Syuja’ul Aqra memiliki dua bola mata dari api, kuku-kuku-nya dari besi, dan panjang tiap kuku sejauh perjalanan satu hari.

Disebutkan juga jika ular tersebut akan secara terus-menerus menyiksa seseorang dengan mengatakan kalimat "Akulah Syuja'ul Aqra".

Ular tersebut juga akan mengatakan alasan mengapa dirinya melakukan penyiksaan pada seseorang. Seperti "Aku diperintahkan oleh Tuhanku untuk
menghukummu atas kelakuanmu yang menunda-nunda dan meninggalkan Sholat".


Tidak hanya itu, ular ini nantinya juga akan langsung menembuskan ekornya dari dubur sampai ke mulut manusia yang sengaja meninggalkan sholat wajib.
Kemudian, manusia tersebut dililit dan diempaskannya ke bumi. Hancur jasadnya sampai berkeping-keping dengan kedalaman sampai 7 kilometer.

Itulah penggambaran tentang ular Syuja'ul Aqra. Selain disiksa oleh ular ini, orang-orang yang meninggalkan sholat ketika di dunia ini juga akan menghadapi siksa kubur lain seperti munculnya api neraka di alam kubur dan menyempitnyakuburan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)