Pelangi Putih Langka Muncul di Israel, Pertanda Apa?

Sabtu, 10 Februari 2024 - 15:15 WIB
loading...
Pelangi Putih Langka Muncul di Israel, Pertanda Apa?
Fenomena alam langka berupa pelangi putih muncul di Galilea Israel. (Foto: Haaretz)
A A A
JAKARTA - Fenomena alam langka berupa pelangi putih muncul di Galilea, Israel pada Kamis (8/2/2024) pagi waktu setempat. Peristiwa ini berhasil diabadikan oleh Nadav Israeli saat melakukan pengamatan burung.

Biasanya pelangi identik dengan hujan dan warna-warni yang indah. Namun, pelangi putih tercipta akibat kabut.

Dilansir dari Haaretz, Sabtu (10/2/2024), pelangi putih atau busur kabut terbentuk akibat cahaya matahari bersentuhan dengan kabut, bukan tetesan hujan. Sama seperti pelangi biasa, untuk melihatnya kita harus berdiri membelakangi matahari sambil memandang kabut.



Dibandingkan pelangi biasa yang terbentuk dari pembiasan cahaya pada tetesan hujan, pelangi putih terbentuk dari pembiasan cahaya pada partikel air berukuran sangat kecil dan seragam dalam kabut, kurang dari 0,05 milimeter. Akibat ukurannya yang kecil, pemisahan warna hampir tidak terjadi, sehingga pelangi putih umumnya terlihat putih tanpa warna lain.



Kejadian langka ini berhasil diabadikan oleh Nadav Israeli dan dilaporkan kepada Masyarakat Perlindungan Alam Israel (SPNI). Foto-foto tersebut menjadi bukti keindahan dan keajaiban alam yang jarang disaksikan.

Meskipun tidak ada mitos peri dengan periuk emas seperti pelangi biasa, pelangi putih tetap menjadi harta karun bagi para pencinta alam dan fotografer.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)