Ilmuwan Temukan 4 Gunung Bawah Laut Raksasa, Tingginya Melebihi Burj Khalifa

Sabtu, 10 Februari 2024 - 20:00 WIB
Ilmuwan Temukan 4 Gunung Bawah Laut Raksasa, Tingginya Melebihi Burj Khalifa
Gunung bawah laut raksasa yang ditemukan di Amerika Selatan. (Foto: Schmidt Ocean Institute)
JAKARTA - Para ilmuwan menemukan empat gunung bawah laut raksasa di Amerika Selatan. Salah satunya, sebesar sebuah kota dengan tinggi tiga kali lipat dari gedung tertinggi di dunia, yaitu Burj Khalifa. Gunung-gunung raksasa ini ditemukan akibat anomali gravitasi.

Anomali gravitasi tersebut terpantau dari kapal penelitian Falkor dari Institut Samudra Schmidt Ocean selama ekspedisi melalui Pasifik Timur dari Kosta Rika ke Chile. Kuartet gunung bawah laut ini membentang di laut dalam antara 286 dan 373 mil (460 dan 600 km) dari pantai Peru dan Chile.

Tiga puncak Peru memiliki tinggi masing-masing 1.591 meter, 1.644 m, dan 1.873 m. Tetapi gunung bawah laut terbesar, yang ditemukan di lepas pantai Chile, naik 2.681 m di atas dasar laut, membawanya hampir setinggi satu mil dari permukaan. Untuk perbandingan, bangunan tertinggi di dunia, Burj Khalifa, memiliki tinggi 2.716 kaki (828 m), sedangkan Gedung Empire State berdiri setinggi 1.250 kaki (380 m).

Puncak tertinggi juga memiliki luas permukaan sekitar 175 mil persegi (450 kilometer persegi), yang sekitar sama dengan ukuran New Orleans.

Puncak-puncak bawah laut raksasa ini, yang semuanya adalah gunung berapi mati, begitu besar sehingga menciptakan perubahan tinggi permukaan laut dan anomali gravitasi yang dapat dideteksi oleh satelit. Dalam kasus ini, permukaan laut membengkak tepat di atas puncak-puncak.

"Mengamati anomali gravitasi adalah cara yang tepat untuk mengatakan bahwa kami mencari tonjolan di peta, dan ketika kami melakukannya, kami menemukan gunung bawah laut yang sangat besar ini," kata John Fulmer, teknisi utama ekspedisi, dikutip dari Live Science, Sabtu (10/2/2024).

Tahun lalu, tim peneliti yang sama menemukan gunung bawah laut lain yang sekitar dua kali lebih besar dari Burj Khalifa. Tetapi ada beberapa gunung bawah laut yang lebih besar.

Gunung bawah laut terbesar di dunia secara teknis adalah gunung berapi yang tidak aktif di Hawaii, Mauna Kea, menurut Institut Oceanografi Woods Hole. Berdiri sekitar 13.796 kaki (4.205 m) di atas permukaan laut tetapi meluas hingga ke dasar laut, menurut Survei Geologi Amerika Serikat. Ketinggiannya sebenarnya sekitar 33.500 kaki (10.211 m).