Ilmuwan Temukan 4 Gunung Bawah Laut Raksasa, Tingginya Melebihi Burj Khalifa

Sabtu, 10 Februari 2024 - 20:00 WIB
Para ilmuwan menduga terdapat 100.000 gunung bawah laut tersebar di seluruh samudra dunia. Namun, hanya sebagian kecil yang telah dipetakan. Lebih dari separuh puncak yang diprediksi ini diyakini berada di Samudra Pasifik. Ekspedisi terbaru ini merupakan bagian dari proyek Seabed 2030 yang bertujuan memetakan seluruh dasar laut dunia pada akhir dekade ini.

Gunung bawah laut sering disebut sebagai pusat biodiversitas oleh para peneliti kelautan. Struktur ini memberikan substrat keras bagi makhluk-makhluk yang tidak dapat bergerak seperti karang dan spons untuk menetap dan menyebabkan upwelling ketika arus membawa nutrisi dari laut dalam lebih dekat ke permukaan. Hal ini menarik makhluk yang lebih besar termasuk krustasea, ikan, cephalopoda, dan hiu yang membuat gunung bawah laut menjadi habitat laut yang sangat penting.

"Menemukan gunung bawah laut hampir selalu membawa kami ke pusat-pusat biodiversitas yang belum dipelajari," kata Jyotika Virmani, direktur eksekutif Institut Samudra Schmidt.

"Setiap kali kami menemukan komunitas laut yang ramai ini, kami membuat penemuan baru yang luar biasa dan memajukan pengetahuan kita tentang kehidupan di Bumi ."