Penuh Misteri, Bangunan Purba Raksasa Ditemukan di Laut Baltik

Rabu, 14 Februari 2024 - 07:51 WIB
loading...
A A A


Juga tidak mungkin digunakan sebagai pertahanan pantai, karena 2 meter terlalu sempit untuk dasar tembok pantai. Dan pembangunan pelabuhan, kata mereka, juga tidak mungkin, karena orang-orang yang mendiami wilayah tersebut lebih dari 10.000 tahun lalu tidak mungkin melakukan pelayaran di laut.

"Berdasarkan informasi yang ada, interpretasi fungsional yang paling masuk akal untuk Blinkerwall adalah bahwa itu dibangun dan digunakan sebagai arsitektur berburu untuk mendorong kawanan ungulata besar. Mereka pada saat itu, terutama terdiri dari rusa kutub atau bison," tulis para peneliti.

Gagasan ini bukanlah ide yang aneh. Ratusan struktur batu kolosal telah ditemukan tersebar dari lapangan lava gurun Arab Saudi hingga Asia Tengah. Ilmuwan percaya bahwa struktur ini juga digunakan untuk mendorong kawanan hewan, membuat mereka lebih mudah untuk diburu.

Meskipun penanggalan struktur seperti ini menantang, para peneliti percaya bahwa Blinkerwall dibangun lebih dari 10.000 tahun lalu, berdasarkan usia fitur sekitarnya, dan tenggelam di bawah Laut Baltik sekitar 8.500 tahun lalu.

Sejak saat itu, ia telah tetap tersembunyi di bawah gelombang, dalam kondisi yang relatif terjaga yang membuatnya menjadi sumber daya berharga untuk memahami sejarah manusia. "Tanggal yang diusulkan dan interpretasi fungsional Blinkerwall membuat fitur ini menjadi penemuan yang mendebarkan, tidak hanya karena usianya tetapi juga karena potensi untuk memahami pola perolehan komunitas pemburu pengumpul awal," tulis para peneliti.

Penemuan struktur semacam ini menerangi banyak aspek pemburu pengumpul regional, terutama mengenai kompleksitas sosial ekonomi mereka.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1849 seconds (0.1#10.140)