Sebesar Kutu, Katak Mungil Ini Raih Gelar Vertebrata Terkecil di Dunia

Kamis, 15 Februari 2024 - 07:55 WIB
loading...
Sebesar Kutu, Katak Mungil Ini Raih Gelar Vertebrata Terkecil di Dunia
Katak terkecil di dunia. FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
LIMA - Kabar gembira bagi para pecinta hewan kecil menggemaskan! Seekor katak mungil bernama Katak Kutu (Brachycephalus pulex) dinobatkan sebagai katak terkecil, dan bahkan vertebrata terkecil, di dunia.



Ukurannya benar-benar mini, bahkan lebih kecil dari kacang polong! Katak jantan rata-rata memiliki panjang lebih dari 7 milimeter (0,28 inci), sedangkan betina sedikit lebih besar dengan panjang 8 milimeter (0,32 inci), menurut sebuah penelitian terbaru yang meneliti klaimnya sebagai spesies terkecil.

Seperti dilansir dari IFL Science, Kamis (15/2/2024), amfibi mungil ini, yang dikenal sebagai katak kutu meskipun secara taksonomi adalah katak, merupakan hewan endemik di bagian selatan Bahia, Brasil.

Pertama kali dideskripsikan pada tahun 2011, namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi status dewasanya dan klaimnya sebagai katak terkecil di dunia.

"Mengidentifikasi katak terkecil di dunia bukanlah tugas yang mudah," jelas tim peneliti di balik studi terbaru ini.

Untuk itu, mereka mengukur panjang tubuh 46 individu B. pulex dan membandingkannya dengan spesies katak kecil lainnya, termasuk "katak terkecil di dunia" yang sebelumnya diidentifikasi, Paedophryne amauensis.

Penemuan ini merupakan kabar menarik bagi para ahli biologi dan pecinta hewan kecil. Katak Kutu yang mungil ini menunjukkan keragaman luar biasa yang masih ada di planet kita, dan mendorong kita untuk terus menjelajahi dan mempelajari alam.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1418 seconds (0.1#10.140)