Mengenal Ubur-Ubur Sisir Perut Berdarah, Pancarkan Cahaya Pelangi Memesona

Kamis, 22 Februari 2024 - 15:05 WIB
loading...
Mengenal Ubur-Ubur Sisir Perut Berdarah, Pancarkan Cahaya Pelangi Memesona
Ubur-ubur sisir perut berdarah memancarkan cahaya pelangi yang luar biasa. (Foto: Monterey Bay Aquarium)
A A A
JAKARTA - Lautan dalam penuh dengan misteri luar biasa. Salah satu keajaiban tempat ini adalah ubur-ubur sisir perut berdarah yang memancarkan cahaya pelangi memesona. Cahaya pelangi tersebut berasal dari warna merah menyala yang terdifraksi.

Monterey Bay Aquarium membagikan video makhluk tersebut di Instagram dan berhasil membuat decak kagum banyak orang. "Apa yang tidak bisa disukai dari ubur-ubur sisir perut berdarah? Warna merah menyala dan difraksi mempesona membuat kita terpesona sepanjang tahun," tulis akuarium tersebut dilansir dari Hindustan Times, Kamis (22/2/2024).

Video tersebut berasal dari para peneliti di Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI), sebuah pusat penelitian oseanografi nirlaba. Video itu membuka adegan yang menunjukkan ubur-ubur sisir perut berdarah berwarna merah yang indah berenang di air. Yang luar biasa adalah bahwa ia juga memiliki lampu pelangi berkilau di tubuhnya.

Para ilmuwan pertama kali menemukan makhluk ini sekitar 20 tahun lalu. Sejak itu, kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh telah digunakan untuk mempelajari makhluk ini dan memahami kehidupannya.



"Brilian dan tampak bercahaya, ubur-ubur sisir perut berdarah datang dalam berbagai warna merah tetapi selalu memiliki perut merah darah. Tampilan berkilau di luar berasal dari cahaya yang difraksi dan direfraksi dari rambut halus transparan, seperti bulu. Ini terus-menerus berdetak, mendorong ubur-ubur melalui air," tulis MBARI.

Video tersebut telah mengumpulkan lebih dari 1,1 juta tayangan dan 7.100 likes. Para netizen pun memberikan berbagai komentar terhadap video makhluk luar biasa ini.



"Kami ingin tahu lebih banyak tentang ubur-ubur sisir perut berdarah!," tulis seorang netizen.

"Ini luar biasa," tulis netizen lainnya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4180 seconds (0.1#10.140)