Planet Gurun di Film Dune: Part Two Nyata? Ilmuwan Ungkap Kemungkinan Hidup di Arrakis

Selasa, 05 Maret 2024 - 07:46 WIB
Ini tidak berarti manusia tidak bisa hidup di Arrakis, hanya saja mereka akan membutuhkan teknologi dan banyak bantuan untuk mendatangkan makanan dan air.

Kesulitan Menjadi Sandworm Raksasa

Ketika manusia mungkin bisa bertahan dengan bantuan, planet ini mungkin tidak akan bisa bertahan untuk penghuninya yang paling terkenal: cacing pasir raksasa.

“Sulit membayangkan spesies seperti itu dengan toleransi termal (untuk hidup) dalam iklim seperti itu di ekosistem seperti itu," kata Farnsworth.

Cacing pasir raksasa juga akan memiliki masalah lain, kata Lewis. Dengan panjang hingga 400 meter, cacing pasir akan hampir 10 kali lipat panjang dinosaurus terbesar. Itu luar biasa untuk hewan berbadan panjang, seperti cacing atau ular.

Lewis membayangkan cacing pasir raksasa Dune pastilah vertebrata. Tetapi mereka akan dibatasi oleh gravitasi. Untuk mencapai panjang lebih dari sekitar 150 meter, makhluk itu harus menjadi bola tulang besar agar tidak hancur karena beratnya sendiri. Selain itu, hewan sebesar itu akan menghasilkan dan menyimpan panas yangsangatbesar.