Bintang T Coronae Borealis Bersinar Kembali setelah 78 Tahun Meredup

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:15 WIB
loading...
Bintang T Coronae Borealis Bersinar Kembali setelah 78 Tahun Meredup
Bintang T Coronae Borealis. FOTO/ DAILY
A A A
LONDON - Sebuah sistem bintang yang berjarak 3.000 tahun cahaya akan segera terlihat setelah terakhir kali muncul pada tahun 1946. Sistem bintang ini nantinya bisa dilihat dengan mata telanjang antara akhir bulan ini hingga September 2024.


Dilansir dari Sky At Night Magazine, Selasa (19/3/2024), sistem bintang yang dimaksud bernama T Coronae Borealis atau juga dikenal sebagai T CrB. Dalam peristiwa yang langka ini ia akan terlihat bersinar dengan kecerahan yang meningkat 5 kali lipat dari sebelumnya.

T Coronae Borealis akan bersinar sebagai 'nova', yang berarti 'bintang baru' dalam bahasa Latin. Disebut demikian karena menggambarkan bagaimana bintang yang sebelumnya redup tiba-tiba mencapai kecerahan yang terlihat dengan mata telanjang di langit.

Pada skala magnitudo, semakin tinggi angkanya maka semakin redup objek tersebut. T Coronae Borealis diperkirakan melonjak hingga magnitudo 2 selama peristiwa nova, sehingga kecerahannya serupa dengan Bintang Utara, Polaris yang bisa dilihat selama beberapa hari.

T Corona Borealis akan muncul sebagai setengah lingkaran kecil yang terletak di dekat konstelasi Boötes dan Hercules. Boötes dapat ditemukan dengan menemukan pola bintang Bajak di langit dengan mengikuti 'pegangan' Bajak menjauh dari asterisme dan Anda akan tiba di Boötes.

T Corona Borealis juga bisa ditemukan dengan mudah menggunakan aplikasi astronomi dan pengamatan bintang.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)