7 Sapi Terbesar di Dunia: Dominasi Prancis dan Fakta Menarik

Selasa, 02 April 2024 - 08:00 WIB
loading...
7 Sapi Terbesar di Dunia: Dominasi Prancis dan Fakta Menarik
Jenis-jenis sapi terbesar di dunia kebanyakan memang berasal dari Prancis. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Jenis sapi terbesar dunia yang akan dibahas dalam artikel ini berasal dari berbagai negara. Berat dari sapi-sapi ini bisa mencapai lebih dari satu ton.

Kebanyakan sapi berukuran raksasa ini merupakan sapi hasil persilangan antara sapi peternakan dengan sapi berpunuk. Dilansir dari Agrono Mag, Terdapat lebih dari 920 ras sapi di dunia saat ini.

Ukuran sendiri merupakan faktor yang paling penting jika berkaitan dengan sapi, terutama untuk sapi pedaging. Namun salah satu tantangan bagi peternak yang memelihara sapi ini adalah tentang bagaimana seekor sapi bisa beradaptasi dengan kondisi lingkungan dan iklim tertentu.

7 Jenis Sapi Terbesar di Dunia

1. Limousin
7 Sapi Terbesar di Dunia: Dominasi Prancis dan Fakta Menarik

Presiden Jokowi pernah menyumbangkan sapi Limosin seberat satu ton lebih sebagai hewan kurban yang dibagikan di kampung halamannya di Solo beberapa waktu lalu.

Sapi potong berotot tinggi, ras Perancis ini bisa mencapai berat 1.100 kg. Mereka yang berasal dari wilayah Limousin dan Marche ini memiliki badan yang kokoh, kesehatan yang baik, dan kemampuan beradaptasi yang baik. Selain kualitas dagingnya, sapi limousin juga digunakan sebagai hewan pekerja.

2. Parthenais
7 Sapi Terbesar di Dunia: Dominasi Prancis dan Fakta Menarik

Sapi yang berasal dari wilayah Deux-Sevres, Prancis ini dikatakan sebagai salah satu ras sapi tertua di negara tersebut. Jenis sapi ini memiliki tinggi 1,45 m dan berat hingga 1.150 kg.

Parthenais menghasilkan susu berkualitas tinggi yang digunakan untuk beberapa produk susu, termasuk mentega dan juga digunakan untuk pekerjaan kasar. Dapat juga digunakan untuk produksi daging sapi, karena dagingnya berkualitas tinggi dan rendah kolesterol.

3. Montbeliarde
7 Sapi Terbesar di Dunia: Dominasi Prancis dan Fakta Menarik

Masih dari Prancis, sapi ini berasal dari wilayah Montbeliard. Sapi yang memiliki tinggi 1,54 m dan berat hingga 1.200 kg tersebut umumnya digunakan untuk sapi perah, karena dapat menghasilkan lebih dari 7.400 liter per tahun.

Sapi Montbeliarde menghasilkan susu yang kaya akan kasein tipe B, yang berkontribusi terhadap peningkatan hasil dan produksi keju.

4. German Angus

Sapi terbesar di dunia selanjutnya ini berasal dari Jerman, dengan berat mencapai 1.200 kg dan tinggi 1,5 m. Ras ini dikembangkan pada tahun 1950-an ketika sapi Aberdeen Angus disilangkan dengan ras sapi lain yang berasal dari Jerman.

Tujuan utama seleksi adalah untuk mendapatkan bibit yang berukuran besar, memiliki temperamen yang baik dan tanpa tanduk, sebab dapat menghasilkan daging dengan kandungan lemak lebih rendah.

5. Maine – Anjou

Seperti namanya, sapi jenis ini berasal dari wilayah Anjou, Prancis. Beratnya bisa mencapai sekitar 1.400 kg atau 1,4 ton dan dipelihara untuk produksi susu dan daging sapi.

Trah ini dikenal mudah digemukkan sehingga membuat para peternak mudah memperoleh penghasilan dari sapi jenis ini.

6. South Devon
7 Sapi Terbesar di Dunia: Dominasi Prancis dan Fakta Menarik

Ras sapi asli terbesar dari Inggris ini rata-rata beratnya bisa mencapai 1.600 kg, sementara yang paling besar tercatat memiliki berat hingga 2.000 kg. Umumnya sapi jantan jenis ini kerap digunakan sebagai sapi pekerja.

Sementara sapi betina South Devon dikenal memiliki produksi susu yang tinggi. Sapi tersebut mampu bereproduksi selama 15 tahun, dan untuk sapi jantannya mampu bekerja hingga 12 tahun lamanya.


7. Chianina
7 Sapi Terbesar di Dunia: Dominasi Prancis dan Fakta Menarik

Chianina adalah jenis sapi terbesar di dunia. Berasal dari Tuscany, Italia , dan tingginya bisa mencapai 2 m dan berat lebih dari 1.700 kg. Sapi Chianina adalah sapi tertinggi dan terberat di dunia, serta salah satu ras sapi tertua.

Menurut Maiwa Breeding Center, sapi dengan bobot yang mencapai angka satu ton lebih ini selalu identik dengan sebutan sapi Presiden. Hal ini dikarenakan, hampir setiap Presiden di Indonesia, selalu menyumbangkan sapi-sapi besar untuk perayaan Idul Adha setiap tahunnya.

Itulah tujuh sapi terbesar di dunia, bisa dibilang seluruh sapi terbesar ini berasal dariwilayahEropa.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1368 seconds (0.1#10.140)