Malaysia Temukan Mutasi Baru Virus Corona yang Lebih Berbahaya

Kamis, 20 Agustus 2020 - 00:05 WIB
loading...
Malaysia Temukan Mutasi Baru Virus Corona yang Lebih Berbahaya
Virus Corona yang terus bermutasi. FOTO/ IST
A A A
KUALA LUMPUR - Mutasi baru virus corona ditemukan di Malaysia, yang dinamakan D614G. Hal tersebut dilaporkan langsung oleh pihak berwenang Negeri Jiran... (Baca: Polda Metro Jaya Gelar Bakti Sosial Serentak di Jadetabek)

Mutasi SARS-CoV-2 ini diprediksi lebih berbahaya, karena dapat menularkan penyakit 10 kali lebih cepat.(Baca juga; Dirawat di RS, Napi Ini Jadikan Ruang VIP untuk Produksi Ekstasi )

Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Malaysia, Noor Hisham Abdullah, mengimbau, agar masyarakatnya lebih berhati-hati dengan mutasi virus ini.

Mengutip dari Channel News Asia, Rabu (19/8/2020), mutasi tersebut terdeteksi oleh Malaysian Institute for Medical Research, sebagai hasil dari uji isolasi dan kultur pada tiga kasus dari klaster Sivagangga, dan satu kasus dari klaster Ulu Tiram.

Saat ini, Hisham memastikan, kedua kluster di Malaysia itu sudah dalam kondisi terkendali, karena adanya tindakan kontrol kesehatan masyarakat yang cepat.

“Mutasi D614G ditemukan oleh para ilmuwan pada Juli lalu,” kata Hisham.

Artinya, kemungkinan besar vaksin virus corona yang telah dikembangkan oleh para ilmuwan hingga saat ini, tidak mempan terhadap mutasi virus baru tersebut.

Hisham pun mengingatkan kepada masyarakat untuk terus menerapkan tindakan pencegahan dan pengendalian kesehatan selama pandemi.

Protokol yang dimaksud antara lain menjaga jarak fisik, menjaga kebersihan diri, dan menggunakan masker saat bepergian.

“Diperlukan kerja sama antara publik dan Pemerintah Malaysia, agar bisa memutus rantai penularan Covid-19 dari segala jenis mutasi,” tandasnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1534 seconds (0.1#10.140)