Ukuran Ikan Laut Mengecil, Ini Kekhawatiran Para Ilmuwan

Sabtu, 25 Mei 2024 - 08:05 WIB
loading...
A A A
Meskipun para ilmuwan dapat memastikan bahwa ikan menjadi lebih kecil, mereka tidak dapat menentukan alasan spesifik. Para ahli telah mempertimbangkan dua alasan, misalnya banyaknya penangkapan ikan berlebihan dan pemanasan di lautan.

"Salah satu alasan tak terbantahkan mengapa begitu banyak biota laut menjadi lebih kecil adalah penangkapan ikan. Baik pemancing rekreasi maupun nelayan komersial sama-sama suka menangkap ikan besar," tulis Post. Kelimpahan ikan kecil akan terus menghasilkan ikan kecil, sehingga menurunkan ukuran fisik populasi.

Penelitian juga menunjukkan bahwa ikan cenderung berukuran lebih kecil di air yang lebih hangat, sebuah fenomena yang disebut aturan ukuran-suhu. Meskipun aturan tersebut telah diamati secara luas, para ilmuwan tidak mengetahui alasannya. Satu teori muncul bahwa insang ikan tidak dapat memenuhi kebutuhan oksigen ikan di air yang lebih hangat, yang mengandung lebih sedikit oksigen daripada air yang lebih dingin. Namun, teori ini tidak berlaku secara keseluruhan, dan para ahli memperdebatkan keabsahannya.

Teori lain menyebutkan bahwa ikan berevolusi untuk tetap kecil agar bisa bertahan hidup dalam cuaca panas, atau beberapa sistem tubuh lain selain insang yang membatasi penyerapan oksigen dan pertumbuhan. Meskipun ikan yang lebih kecil menjadi perhatian, ekosistem telah menunjukkan tanda-tanda adaptasi.

"Hubungan antara perubahan kelimpahan dan perubahan ukuran tubuh itu rumit dan bervariasi, tetapi ada tanda-tanda bahwa penurunan ukuran tubuh secara keseluruhan sedang diimbangi oleh peningkatan kelimpahan secara keseluruhan," kata penelitian tersebut.
(msf)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5134 seconds (0.1#10.140)
pixels