Wajib Dikunjungi, 5 Danau Terbesar di Indonesia

Rabu, 29 Mei 2024 - 18:05 WIB
loading...
Wajib Dikunjungi, 5 Danau Terbesar di Indonesia
Luas Danau Toba mencapai 1.130 kilometer persegi dengan kedalaman hingga 505 meter. (Foto: iStock)
A A A
JAKARTA - Keindahan alam Nusantara sangat beragam, di antaranya sejumlah danau terbesar di Indonesia. Deretan danau terbesar ini menawarkan pemandangan indah dan kekayaan alam di tengah ekosistemnya.

Berikut 5 danau terbesar di Indonesia yang perlu dikunjungi saat berwisata dilansir dari berbagai sumber, Rabu (29/5/2024)

1. Danau Toba (1.130 Km Persegi)


Danau yang terletak di Sumatera Utara ini berbatasan dengan tujuh kabupaten yang berbeda, yakni Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, dan Samosir.

Luas permukaan Danau Toba mencapai 1.130 kilometer persegi dengan kedalaman hingga 505 meter. Tak ayal, Danau Toba ditahbiskan sebagai danau vulkanik terbesar di dunia.


2. Danau Towuti (561,1 Km Persegi)


Danau Towuti terletak di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan memiliki karakter sebagai danau tektonik. Luas permukaannga mencapai 561 kilometer persegi dengan kedalaman maksimal 203 meter.

Salah satu keunikan danau ini terletak di tengah kepulauan. Posisinya di antara Pulau Loeha, Pulau Bolong, dan Pulau Kembar. Sebagai danau purba tertua di Indonesia, danau ini menyimpan “Buku Sejarah Indonesia” berupa lapisan-lapisan sedimen yang kerap diteliti oleh pakar geologi.

3. Danau Tempe (350 Km Persegi)


Danau terluas kedua di Sulawesi ini Letaknya di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan dengan luas permukaan mencapai 350 kilometer persegi. Namun, kedalaman danau ini terus berkurang menjadi sekitar 5 meter saja akibat sedimentasi. Volume air yang ditampung pun semakin berkurang.


4. Danau Poso (323,2 Km Persegi)


Danau ini terbentuk akibat proses tektonik dan terletak di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Danau terbesar ketiga di Indonesia ini memiliki luas permukaan 323 kilometer persegi dengan kedalaman maksimal mencapai 450 meter.

Meski berada di ketinggian 657 Mdpl, danau ini memiliki unsur unik dengan pasirnya yang berwarna kuning keemasan. Bahkan gelombang air di danau ini hampir serupa dengan gelombang air laut.

5. Danau Sentarum (275 Km Persegi)


Danau berjenis floodplain yang terletak di Kalimantan Barat ini kedalaman maksimumnya hanya mencapai 8 meter. Tapi, memiliki luas sekitar 275 kilometer persegi sehingga termasuk salah satu danau terbesar di Indonesia.

Sebagai danau musiman, danau ini akan dipenuhi air selama 10 bulan setiap tahunnya. Sedangkan di bulan-bulan berikutnya, danau ini akan surut dan membentuk kolam-kolam kecil.

Butuh waktu sekitar 14 jam menggunakan transportasi darat dan air untuk menuju Danau Sentarum dari Kota Pontianak. Di tahun 1999, Danau Sentarum akhirnya ditetapkan sebagai taman nasional, sehingga kelestarian alamnya terjaga dengan baik. Kelima danau terbesar di Indonesia tadi termasuk dalam pesona keindahan alam yang perlu dikunjungi.

MG/Maulana Kusumadewa Iskandar
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1962 seconds (0.1#10.140)
pixels