Buru Harta Karun Luar Angkasa, Pesawat NASA Tempuh Perjalanan 3,5 Miliar Km

Senin, 03 Juni 2024 - 13:11 WIB
loading...
Buru Harta Karun Luar Angkasa, Pesawat NASA Tempuh Perjalanan 3,5 Miliar Km
Asteroid 16 Psyche diperkirakan mengandung emas, besi, dan nikel senilai USD10.000 quadriliun. (Foto: NASA)
A A A
JAKARTA - Misi menemukan harta karun asteroid 16 Psyche yang diperkirakan mengandung emas, besi, dan nikel senilai USD10.000 quadriliun masih berlangsung. Pesawat milik NASA yang dikirim telah menempuh perjalanan sejauh 3,5 miliar Km dengan kecepatan 84.000 mph.

Pesawat luar angkasa ini diluncurkan dari Kennedy Space Center NASA di Cape Canaveral, Florida pada 13 Oktober 2023 lalu dan diperkirakan akan mencapai asteroid 16 Psyche pada Agustus 2029

"Selama tahun depan, pesawat ruang angkasa tersebut akan berada dalam mode yang disebut oleh perencana misi sebagai pelayaran penuh, di mana pendorong listriknya mengambil alih dan mendorong wahana antariksa tersebut menuju sabuk asteroid," kata NASA dilansir dari Unilad, Senin (6/3/2024).

Dijelaskan, pendorong tersebut bekerja dengan mengeluarkan atom bermuatan, atau ion, xenon, yang memancarkan cahaya biru terang yang membentang di belakang pesawat ruang angkasa. Saat ion dikeluarkan, akan menciptakan dorongan yang seiring waktu akan memungkinkan pesawat ruang angkasa untuk berakselerasi hingga 124.000 mph.



Sesampainya di asteroid, pesawat ruang angkasa tersebut akan menghabiskan dua tahun mengorbit formasi batuan tersebut, mengumpulkan data penting. Setelah ini, pesawat ruang angkasa tersebut kemudian diprogram untuk mendekati Mars pada Mei 2026 untuk bantuan gravitasi kecil yang dimaksudkan untuk meningkatkan momentumnya. Ini akan menempatkan pesawat ruang angkasa tersebut pada lintasan untuk tujuan akhirnya - dengan misi yang direncanakan selesai pada November 2031.

Menurut NASA, asteroid 16 Psyche berukuran luar biasa dengan lebar 280 Km dan panjang 232 Km. Sementara luas permukaannya adalah 165.800 kilometer persegi. Ukuran asteroid yang sangat besar inilah yang membuat NASA memutuskan melanjutkan misi tersebut.



"Psyche sejauh ini adalah yang terbesar, dan itulah mengapa kami ingin pergi ke sana. Karena yang lebih kecil lebih mungkin diubah oleh benda-benda yang menabraknya, sedangkan yang besar, kami pikir, tidak akan berubah sama sekali," kata Nicola Fox, administrator asosiasi untuk direktorat misi sains NASA.

Banyak yang bertanya-tanya apa yang akan terjadi jika NASA berhasil membawa asteroid itu kembali ke Bumi. Jika bisa, setiap orang di planet ini pada dasarnya akan menjadi miliarder. Namun, bisa juga menghancurkan ekonomi dunia.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1286 seconds (0.1#10.140)
pixels