Spesifikasi Kapal Selam Serang Nuklir China 093B, Punya Jangkauan Rudal hingga 2.500 Km

Sabtu, 29 Juni 2024 - 20:08 WIB
loading...
Spesifikasi Kapal Selam Serang Nuklir China 093B, Punya Jangkauan Rudal hingga 2.500 Km
Kapal selam bertenaga nuklir 093B memiliki nama pelaporan NATO ‘Shang III’. Peruntukannya sendiri masih untuk Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN). Foto: ist
A A A
CHINA - Spesifikasi kapal selam serang nuklir China 093B menarik diketahui. Keberadaannya menjadi model kapal selam nuklir terbaru yang dimiliki Negeri Tirai Bambu.

Mengutip laporan ArmyRecognition, bocoran berupa foto dari model kapal selam nuklir 093B terungkap di media sosial lokal China.

Kapal selam baru ini dikatakan punya bobot hingga 6.200 ton Serta dilengkapi 18 unit tabung peluncur rudal dengan vertical launching system (VLS).

Kemudian, pada salah satu bagiannya terdapat tulisan “CSSC China Shipbuilding Group”. Label tersebut mengindikasikan nama pembuatnya adalah perusahaan induk dari Bohai Shipyard.

Lebih jauh, nama tersebut juga menunjukan kapal selam ini sebagai “new nuclear submarine model,” yang artinya mewakili generasi kapal selam serang nuklir Type 093B. Lantas, seperti apa sebenarnya spesifikasi dari kapal selam serang nuklir China 093B itu?

Spesifikasi Kapal Selam Serang Nuklir China 093B
Spesifikasi Kapal Selam Serang Nuklir China 093B, Punya Jangkauan Rudal hingga 2.500 Km

China memiliki beragam persenjataan militer mumpuni, termasuk di matra laut. Adapun salah satu kepemilikannya adalah kapal selam Tipe 093 yang disebut sebagai kapal selam serang bertenaga nuklir.

Pada pengembangannya, kapal selam Tipe 093 meluncurkan beberapa varian berbeda. Nah, salah satunya ini adalah kapal selam 093B yang sedang diulas.

Kapal selam bertenaga nuklir 093B memiliki nama pelaporan NATO ‘Shang III’. Peruntukannya sendiri masih untuk Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN).

Melihat bocoran modelnya yang tersebar, kapal selam memiliki teardrop-shaped desain dengan bagian punggung agak bungkuk. Hal ini juga mencakup stasiun sonar terintegrasi di haluan dan tiang optik-elektronik terintegrasi di menara (conning tower).

Pada ukurannya, kapal ini memiliki panjang 126 meter dan lebar 11 meter. Kemudian, kecepatan bawah air 30 knot serta bobot perpindahan mencapai 6.200 ton.

Spesifikasi Kapal Selam Serang Nuklir China 093B, Punya Jangkauan Rudal hingga 2.500 Km

Beralih ke performa, bekal sistem propulsi jet pompa Tipe 093B memungkinkannya mencapai kecepatan maksimal yang sebanding dengan kapal perusak 055. Selain itu, jangkauan rudalnya bisa mencapai hingga 2.500 kilometer.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1953 seconds (0.1#10.140)
pixels