Dua Astronot yang Terjebak di Luar Angkasa Akan Dijemput Tahun Depan

Jum'at, 09 Agustus 2024 - 22:00 WIB
loading...
Dua Astronot yang Terjebak...
Butch Wilmore dan Suni Williams terjebak di stasiun luar angkasa internasional dan tidak bisa pulang. Foto/The Weather Network
A A A
AMERIKA - Dua astronot AS yang dikirim ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada Juni 2024 terjebak di luar angkasa. Mereka diperkirakan baru bisa kembali ke Bumi pada 2025 mendatang.

Pesawat ruang angkasa Starliner milik Boeing awalnya mengantarkan mereka ke luar angkasa. Namun, masalah teknis menyebabkan penjemputan kedua astronot AS dilakukan dengan kapsul Crew Dragon milik SpaceX pada Februari 2025.

The Weather Network melansir, Jumat (9/8/2024) NASA telah mendiskusikan rencana penjemputan bersama pihak SpaceX. Momen itu akan dilakukan pada peluncuran Crew Dragon mendatang. Dua kursi akan dikosongkan untuk menjemput astronot NASA Butch Wilmore dan Suni Williams yang menjadi kru pertama yang terbang dengan kapsul Starliner milik Boeing.

Misi uji coba para astronot bersama Starlinet ini awalnya diperkirakan berlangsung sekitar delapan hari. Nahasnya, perjalanan mereka diperpanjang karena masalah pada sistem propulsi Starliner.

"Kami akan mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengonfigurasi Starliner untuk kembali tanpa awak," ujar juru bicara Boeing saat menanggapi NASA yang memutuskan untuk mengubah misi Starliner.

Kegagalan pendorong Starliner ke stasiun ISS dan temuan beberapa kebocoran helium yang digunakan untuk memberi tekanan pada pendorong tersebut membuat Boeing memulai pengujian untuk memahami penyebabnya dan mengajukan perbaikan kepada NASA.



Data uji terbaru telah menimbulkan ketidaksepakatan dan perdebatan di internal NASA tentang apakah akan menerima risiko kembalinya Starliner ke Bumi atau membuat keputusan untuk menggunakan Crew Dragon sebagai gantinya.

Menggunakan pesawat ruang angkasa SpaceX untuk mengembalikan astronot yang direncanakan Boeing untuk dibawa kembali dengan Starliner akan menjadi pukulan besar bagi raksasa kedirgantaraan yang telah berjuang selama bertahun-tahun untuk bersaing dengan SpaceX dan Crew Dragon yang lebih berpengalaman.

Starliner telah berlabuh di ISS selama 63 hari dari maksimal 90 hari yang dapat ditempatinya, dan diparkir di tempat yang sama yang harus digunakan Crew Dragon untuk mengirimkan kru astronot berikutnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1695 seconds (0.1#10.140)