5 Fakta Menarik Manusia Hobbit yang Ditemukan di Indonesia

Senin, 12 Agustus 2024 - 08:12 WIB
loading...
A A A
Setelah membandingkan dimensi otak yang didapat dari cetakan internal tengkorak manusia sehat dan mereka yang memiliki mikrosefali, dengan dimensi otak H. floresiensis yang diperkirakan, para ilmuwan menentukan fitur hobbits lebih mendekati fitur manusia modern ketimbang orang dengan mikrosefali, menurut studi tahun 2007 di jurnal PNAS.

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2013 di jurnal Proceedings of the Royal Society B mengungkapkan H. floresiensis memiliki otak berukuran sekitar 426 sentimeter kubik atau sekitar sepertiga ukuran otak manusia modern, yang memiliki volume rata-rata sekitar 1.300 sentimeter kubik.

Temuan ini menunjukkan H. floresiensis mungkin merupakan keturunan dari H. erectus, karena spesimen H. erectus dari Jawa memiliki otak berukuran sekitar 860 sentimeter kubik. Sebagai alternatif, hobbit mungkin berevolusi dari H. habilis, yang otaknya hanya sekitar 600 sentimeter kubik.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan pada 2015 di Proceedings of the Royal Society B, Collard dan rekan-rekannya menyusun dataset yang berisi 380 fitur tengkorak dan gigi dari 20 spesies hominin yang dikenal. Setelah menganalisis dan membandingkan fitur-fitur ini menggunakan model statistik, mereka menyimpulkan bahwa H. floresiensis memang merupakan spesies yang berbeda dan bukan sekadar manusia bertubuh kecil atau mengalami deformasi.

Lebih lanjut, analisis menunjukkan bahwa hobbit adalah keturunan dari hominin bertubuh kecil pra-H. erectus yang bermigrasi keluar dari Afrika dan ke Asia Tenggara.

5. Mengapa Tubuh Manusia Hobbit Kecil


Pada tahun 2024, para arkeolog menemukan gigi berusia 700.000 tahun dan tulang lengan atas parsial di situs Manta Menge. Analisis fosil mengungkapkan H. floresiensis berdiri 6 cm lebih pendek dari yang diperkirakan sebelumnya. Humerus tersebut mungkin adalah yang terkecil yang pernah dilaporkan dari orang dewasa.

Para peneliti dalam studi tersebut menduga bahwa manusia kecil ini mungkin berevolusi menjadi lebih pendek karena lingkungan pulau. Pulau-pulau biasanya kekurangan predator besar, sehingga menjadi besar tidak begitu menguntungkan. Sementara itu, tumbuh lebih besar membutuhkan lebih banyak makanan dan waktu untuk berkembang. Jadi, seleksi alam mungkin telah secara bertahap mengecilkan ukuran manusia hobbit untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan.
(msf)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1698 seconds (0.1#10.140)