5 Fakta Menarik Manusia Hobbit yang Ditemukan di Indonesia

Senin, 12 Agustus 2024 - 08:12 WIB
Peneliti studi tersebut, Gerrit van den Bergh, paleontolog dan zooarkeolog di University of Wollongong di New South Wales, Australia, tidak yakin siapa pembuat alat ini, meskipun ada tiga kandidat yang mungkin: hobbits, H. erectus, dan Denisovans, kerabat dekat Neanderthal.

Terlepas dari perdebatan mereka masih ada atau sudah punah, berikut deretan fakta menarik manusia hobbit dilansir dari Live Science, Senin (12/8/2024).

1. Penampilan Fisik

Berdasarkan LB1, para ahli memperkirakan H. floresiensis memiliki berat antara 16 dan 36 kg. Tulang dan gigi yang baru ditemukan di lokasi terpisah di pulau Flores menunjukkan makhluk-makhluk ini mungkin rata-rata lebih pendek, 0,9 meter tingginya.

Spesimen hobbit menunjukkan serangkaian ciri-ciri primitif yang dipertahankan dari spesies leluhur dan ciri-ciri yang telah berevolusi dan tidak dibagi oleh leluhur. Beberapa fitur mirip dengan spesies Homo awal, termasuk dahi datar dan miring serta wajah yang pendek dan datar; namun, gigi dan rahangnya lebih mirip dengan Australopithecus.

Selain itu, dalam studi tahun 2007 di jurnal Science, para peneliti menganalisis secara mendalam tiga tulang pergelangan tangan LB1 dan menemukan tulang-tulang tersebut lebih mirip dengan tulang apes daripada manusia modern.

Pada 2012, Susan Hayes, peneliti di University of Wollongong, dan koleganya merekonstruksi wajah hobbit dengan mengunggah informasi dari pemindaian 3D tengkoraknya ke program grafik komputer. Dibandingkan dengan potret hobbit oleh paleo-artis, gambaran wajah Hayes tentang H. floresiensis menunjukkan fitur manusia modern ketimbang ciri-ciri mirip monyet.

2. Makanan Manusia Hobbit

Ketika para peneliti pertama kali menggali H. floresiensis, mereka juga menemukan alat batu dan sisa-sisa hewan di lapisan sedimen yang sama di gua Liang Bua. Alat-alat tersebut sederhana dan mirip dengan alat Oldowan, yang merupakan jenis alat paling awal dan primitif dalam catatan fosil.

Sisa-sisa hewan tersebut termasuk komodo, tikus, kelelawar, dan anak Stegodon (gajah kerdil yang telah punah). Sisa Stegodon menunjukkan adanya tanda potongan, menunjukkan H. floresiensis menyembelih hewan-hewan tersebut, sementara tulang yang terbakar dan batu yang retak akibat api menunjukkan bahwa hobbit mengendalikan api, menurut makalah Nature tahun 2005.

Di dalam gua Liang Bua, para ilmuwan kemudian menemukan beberapa fosil burung, termasuk tulang sayap dan kaki dari burung bangau besar, menurut studi tahun 2010 di Zoological Journal of the Linnean Society.

3. Manusia hobbit hidup dengan manusia modern

Manusia Hobbit kemungkinan besar tidak hidup berdampingan dengan manusia modern, dan jika mereka melakukannya, tidak lama. Penelitian awal menunjukkan manusia hobbit menghuni gua tersebut antara sekitar 12.000 dan 95.000 tahun lalu, yang akan berarti dua garis keturunan manusia hidup berdampingan, mengingat manusia tiba di Flores sekitar 47.000 tahun lalu.

Namun, studi tahun 2016 di jurnal Nature menganalisis sedimen dan fosil di dalam gua Liang Bua dan menemukan bukti bahwa hobbits menghilang dari pulau itu lebih awal, sekitar 50.000 tahun yang lalu.

4. Apakah Homo floresiensis spesies terpisah?

Hobbit kemungkinan besar merupakan spesies yang terpisah. Namun beberapa ilmuwan berpendapat mereka adalah manusia modern dengan mikrosefali, kondisi patologis yang ditandai dengan kepala kecil (hobbit diperkirakan memiliki otak sekitar sepertiga ukuran otak manusia modern), postur pendek, dan gangguan intelektual.