Kehebatan Rudal Supersonik BrahMos yang Dilirik Indonesia

Sabtu, 14 September 2024 - 20:00 WIB
loading...
A A A
Versi yang diluncurkan dari udara lebih ringan, dengan panjang 8,0 meter, membawa muatan 200 kilogram, dan berat antara 2.200 hingga 2.500 kilogram. Versi ini terutama diluncurkan dari pesawat seperti Su-30 MKI milik Angkatan Udara India.

BrahMos dipersenjatai dengan hulu ledak semi-armor-piercing high-explosive (HE) atau muatan submunition seberat 200 hingga 300 kilogram. Rudal ini dapat diluncurkan dari sistem peluncuran vertikal, peluncur ramp, atau, dalam kasus versi kapal selam, dari kapal bawah air.

Pada 2013, rudal ini berhasil diuji dari tongkang yang tenggelam, membuktikan kemampuannya untuk diluncurkan dari kapal selam bersenjata rudal. India dan Rusia juga sedang mengembangkan varian hipersonik BrahMos, yang disebut BrahMos-II, yang akan menggunakan mesin scramjet untuk mencapai kecepatan lebih dari Mach 5.

Dalam konteks ketegangan regional yang meningkat, Indonesia melihat akuisisi BrahMos sebagai cara untuk meningkatkan kemampuan pertahanan maritimnya. Jika kesepakatan Indonesia-India ini tercapai, hal ini akan memperkuat posisi India di pasar pertahanan Asia Tenggara, mengikuti kesepakatan dengan Filipina. Ini juga akan menjadi langkah baru dalam upaya India untuk memperluas ekspor pertahanan dan memperkuat kerja sama militer dengan negara-negara ASEAN.
(msf)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1576 seconds (0.1#10.140)