Alien? Monster? Ilmuwan Temukan Kelabang Purba Sebesar Mobil!

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 08:49 WIB
loading...
A A A
Alien? Monster? Ilmuwan Temukan Kelabang Purba Sebesar Mobil!

Pindaian CT secara virtual mengungkap kepala fosil dari dua Arthropleura remaja yang ditemukan di dalam batu di situs fosil Montceau-les-Mines Lagerstätte di Prancis.

Pemindaian CT mengungkapkan mata bertangkai unik yang menonjol dari sisi kepala; antena melengkung lembut; dan mandibula kecil seperti kelabang.

Ciri-ciri ini membentuk perpaduan yang membingungkan dari karakteristik seperti kelabang dan kaki seribu.

Mata bertangkai Arthropleura, berwarna biru, mungkin menunjukkan bahwa mahluk tersebut saat remaja menghabiskan waktu di air sebelum menjadi dewasa yang hidup di darat.



"Detail-detail ini, secara bersama-sama, mungkin tampak membuat Arthropleura sama — jika tidak lebih — membingungkan daripada sebelumnya," kata Lamsdell. "Tetapi sifat Arthropleura yang tampaknya chimeric sebenarnya merupakan bukti penting yang dapat
membantu menjawab pertanyaan mendasar mengenai [evolusi spesies ini]."

Berdasarkan fitur anatomi, ahli paleontologi akhirnya mengelompokkan Arthropleura sebagai yang paling dekat hubungannya dengan keluarga kaki seribu.

Namun, bola mata bertangkai belum pernah terlihat pada keluarga kaki seribu atau kelabang. Arthropleura telah secara luas dianggap terestrial, tetapi tangkai mata biasanya ditemukan pada hewan semiakuatik atau sepenuhnya akuatik, sepertikrustasea.
(dan)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1559 seconds (0.1#10.140)