Serat Lengket Kuat seperti Senjata Spider Man Diperkenalkan

Senin, 14 Oktober 2024 - 19:40 WIB
Serat Lengket Kuat seperti...
Serat Lengket Kuat seperti Senjata Spider Man. FOTO/ WION NEWS
PARIS - Para peneliti di Universitas Tufts menciptakan serat lengket yang kuat menggunakan fibroin sutra, terinspirasi oleh sutra yang disekresikan oleh laba-laba, ngengat, dan serangga lainnya.

Para ilmuwan telah menciptakan cairan yang jika disemprotkan dari sebuah alat akan berubah menjadi serat lengket yang kuat dan dapat mengangkat benda yang sangat berat. Inovasi ini terinspirasi oleh pahlawan super Spider Man.

Para peneliti telah mencoba menciptakan serat kuat yang dapat digunakan sebagai tali pengikat. Serat-serat ini terinspirasi oleh sutra yang dikeluarkan oleh laba-laba, ngengat, dan serangga lainnya.

Namun, para peneliti di Universitas Tufts menyatakan bahwa mereka mengalami kesulitan mengembangkan serat tersebut dengan elastisitas, kekakuan, dan sifat perekat seperti sutra laba-laba.
Studi ini, yang disebut sebagai "terobosan tidak disengaja" baru, diterbitkan dalam Advanced Functional Materials.

“Saya sedang mengerjakan proyek pembuatan perekat yang sangat kuat menggunakan fibroin sutra dan saat saya membersihkan peralatan gelas saya dengan aseton, saya melihat bahan seperti jaring terbentuk di bagian bawah gelas,” kata rekan penulis studi Marco Lo Presti seperti dilansir dari Wion News.

Ketika para peneliti awalnya mencoba mereplikasi benang laba-laba, mereka melihat bahwa larutan fibroin menciptakan gel semipadat setelah terkena bahan kimia seperti aseton atau etanol selama beberapa jam.

Dengan menggunakan zat kimia dopamin, para ilmuwan dapat melakukan proses pemadatan “hampir seketika” untuk menciptakan serat lengket berkekuatan tinggi.

Para ilmuwan mengatakan bahwa campuran dopamin mempercepat transisi protein sutra dari cair menjadi padat dengan mengurangi air darinya.

Mereka juga menemukan bahwa ketika aliran tipis larutan sutra dikelilingi oleh lapisan aseton dan ditembakkan melalui jarum khusus, ia menjadi padatan lengket.