Ini Daftar 9 Pedang Peninggalan Nabi Muhammad

Senin, 14 Oktober 2024 - 21:18 WIB
loading...
Ini Daftar 9 Pedang...
Pedang peninggalan Nabi Muhammad SAW yang disimpan di musium di Turki. Foto: ist
A A A
TURKI - Nabi Muhammad SAW memiliki beberapa pedang yang dikenal sebagai bagian dari senjata peninggalan bersejarah dalam Islam. Berdasarkan sumber-sumber sejarah, ada sembilan pedang peninggalan Nabi Muhammad SAW.

Referensi mengenai pedang-pedang ini dapat ditemukan dalam beberapa kitab sejarah Islam dan sumber terpercaya seperti Al-SÄ«rah al-Nabawiyyah oleh Ibn Hisham, Al-Tabaqat al-Kubra oleh Ibn Sa'd.

Juga, beberapa catatan museum Islam di Turki, seperti di Museum Topkapi, di mana beberapa peninggalan Nabi Muhammad disimpan. Nah, berikut 9 pedang Nabi Muhammad SAW:

1. Al-Ma'thur

Ini adalah pedang pertama yang dimiliki Nabi Muhammad SAW sebelum menerima wahyu kenabian. Pedang ini diwarisi dari ayah beliau, Abdullah. Al-Ma'thur digunakan dalam Perang Badar.

2. Al-Adb

Pedang ini diberikan kepada Nabi Muhammad oleh salah seorang sahabatnya. "Al-Adb" berarti tajam atau pemotong. Pedang ini digunakan dalam Perang Uhud.

3. Dhu al-Faqar

Pedang ini merupakan salah satu yang paling terkenal dan memiliki dua mata bilah. Nabi Muhammad SAW memperolehnya sebagai rampasan perang setelah Perang Badar dan kemudian diberikan kepada Sayyidina Ali. Dhu al-Faqar dikenal sebagai simbol keberanian dan keadilan.

4. Al-Battar

Pedang ini dikenal sebagai "Pedang Para Nabi" karena terdapat ukiran nama para nabi di bilahnya. Al-Battar diperoleh oleh Nabi Muhammad setelah Perang Tabuk. Pedang ini juga dianggap sebagai salah satu peninggalan dari Nabi Daud AS.

5. Hatf

Pedang ini juga diperoleh setelah Perang Tabuk dan merupakan salah satu pedang dengan bilah yang lebih panjang dibandingkan pedang lainnya.

6. Al-Rasub

Al-Rasub adalah salah satu pedang yang selalu berada di dekat Nabi Muhammad, meskipun jarang digunakan dalam peperangan. Pedang ini sering disimpan di rumah beliau sebagai simbol kehormatan.

7. Al-Mikhdham

Pedang ini digunakan oleh Nabi Muhammad dalam beberapa pertempuran. Al-Mikhdham adalah salah satu dari pedang yang paling jarang disebutkan dalam literatur, tetapi tetap dianggap sebagai salah satu peninggalan penting.

8. Al-Qal'i

Pedang ini juga dikenal dengan nama "Qul’ayah". Pedang ini terbuat dari bahan khusus yang berasal dari Yaman. Al-Qal'i adalah salah satu pedang yang diwariskan kepada keluarga Nabi setelah beliau wafat.


9. Al-'Asb

Al-'Asb adalah pedang yang cukup sederhana dibandingkan pedang lainnya. Nabi Muhammad SAW sering membawanya dalam perjalanan dan kegiatan sehari-hari sebagai bentuk perlindungandiri.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1150 seconds (0.1#10.140)