Peneliti Gunakan Ilmu Perburuan Alien untuk Pecahkan Penyebaran COVID-19

Rabu, 28 Oktober 2020 - 00:50 WIB
Dalam skenario di mana orang berolahraga dengan giat, seperti di gym, risiko penularannya meroket. "Bayangkan dua orang di treadmill di gym, keduanya bernapas lebih keras dari biasanya. Orang yang terinfeksi mengeluarkan lebih banyak tetesan, dan orang yang tidak terinfeksi menghirup lebih banyak tetesan. Di ruang terbatas itu, risiko penularan meningkat sebesar faktor 200 dibandingkan skenario di mana orang tidak berolahraga," kata Mittal.

Untuk jarak sosial, peneliti menemukan adanya hubungan linier antara jarak dan risiko penularan. "Jika Anda menggandakan jarak, Anda biasanya menggandakan perlindungan Anda," kata Mittal dalam pernyataan terpisah dari jurnal tersebut. "Skala atau aturan semacam ini dapat membantu menginformasikan kebijakan."

Para peneliti mencatat mereka berharap model sederhana dan intuitif ini dapat diakses tidak hanya oleh ilmuwan, tapi juga pembuat kebijakan dan bahkan masyarakat umum. Mereka mengakui model mereka membuat sejumlah asumsi, dan itu menyertakan variabel kunci yang tidak diketahui.

Namun, penulis berharap pekerjaan mereka dapat menginformasikan penelitian di masa depan yang akan menutup celah penyebaran COVID-19. (Baca juga: Pertama Kalinya NASA Temukan Air di Permukaan Bulan yang Diterangi Matahari )