Ilmuwan Dunia Bersuka Cita saat Joe Biden Menangi Pilpres AS, Ini Alasannya

Selasa, 10 November 2020 - 03:20 WIB
loading...
A A A
Dengan Biden yang bertanggung jawab, kata Charo, ada banyak badan pemerintah yang sekarang akhirnya akan mendapatkan kesempatan untuk melakukan pekerjaan mereka dengan benar.

Pemerintahan Biden juga akan membuka kembali jalur komunikasi dengan negara lain dan organisasi internasional dalam memerangi virus Corona. Trump menarik Amerika Serikat keluar dari Organisasi Kesehatan Dunia awal tahun ini, mengkritik badan internasional itu karena mendukung China, tempat wabah itu dimulai.

“Joe Biden dan Kamala Harris memahami bahwa tidak ada negara yang dapat menghadapi tantangan kita saat ini sendirian dan mudah-mudahan akan terlibat kembali dan membantu membentuk kembali institusi multilateral berbasis sains,” kata Marga Gual Soler, pakar diplomasi sains dan penasihat kebijakan untuk Uni Eropa.

Prioritas utama lainnya untuk Biden adalah membalikkan banyak kebijakan yang berdampak pada iklim, lingkungan, dan kesehatan masyarakat yang diberlakukan di bawah Trump.

Di bagian atas masalah adalah perjanjian iklim Paris 2015. Amerika Serikat secara resmi menarik diri dari perjanjian ini pada 4 November, tetapi Biden, mengatakan, dia akan bergabung kembali dengan pakta tersebut setelah menjabat pada Januari. Biden dan Harris juga mengkampanyekan rencana senilai USD2 triliun untuk meningkatkan energi bersih, memodernisasi infrastruktur, dan mengekang emisi gas rumah kaca.

Terpilihnya Biden memiliki makna khusus bagi para ilmuwan di Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA), yang telah menderita akibat upaya Trump membatalkan peraturan, meningkatkan pengaruh industri, dan merusak cara sains digunakan untuk menyusun aturan guna mengekang polusi dan melindungi kesehatan masyarakat.

"Pemerintahan Trump mencoba mengubah DNA organisasi," kata Dan Costa, seorang ahli toksikologi yang mengepalai program penelitian udara, iklim, dan energi badan tersebut hingga Januari 2018. Dia merupakan salah satu dari banyak ilmuwan veteran di EPA yang akhirnya memilih untuk pergi selama masa jabatan Trump. (Baca juga: Catat ya, 2 Hari Lagi Kamu Berkesempatan Punya Ponsel Multimedia dan Gaming )
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1967 seconds (0.1#10.140)