Biaya Roket SpaceX SN8 yang Meledak Mencapai Rp3 Triliun

Jum'at, 11 Desember 2020 - 14:01 WIB
loading...
Biaya Roket SpaceX SN8 yang Meledak Mencapai Rp3 Triliun
Menurut perusahaan nasihat keuangan dan investasi swasta, Motely Fool, pengembangan Starship SN8 diprediksi menelan biaya sekitar empat kali lipat dari Falcon 9, yang berarti sekitar USD216 juta atau Rp3,047 triliun. Foto/Ist.
A A A
CALIFORNIA - Roket Prototipe Starship SN8 milik SpaceX meledak dalam uji coba pertamanya. Meski berhasil terbang, tetapi mesin roket bernama Raptor itu tak mampu mencapai target ketinggian 41.000 kaki, sehingga harus kembali ke pangkalan. (Baca: Lagi, Puluhan Aplikasi China Dilarang Beroperasi di India)

Ketika turun ke landasan peluncuran, roket tersebut meledak meski sudah sempat menyentuh tanah. CEO Space SpaceX, Elon Musk, enggan menyebut bahwa bahwa ledakan tersebut merupakan sebuah kesalahan. Habiskan Rp12 Triliun, OSIRIS-REx NASA Sukses Ambil Batuan Asteroid Bennu

Menurutnya, kejadian itu merupakanRUD (Rapid Unscheduled Disassembly). Padahal, kata lainnya adalah meledak. Menurutnya, saat mendarat tanki bahan bakar roket mendapat tekanan rendah, sehingga menyebabkan kecepatan mendarat jadi tinggi dan RUD pun terjadi.

Prototipe terbaru ini merupakan roket SpaceX pertama yang dilengkapi dengan moncong kerucut, penutup bodi, dan tiga mesin. Pengujian itu berencana menempuh ketinggian hingga 12,5 kilometer, hampir 100 kali lebih tinggi dari roket sebelumnya yang meluncur di stratosfer.

Musk hingga saat ini enggan mengungkapkan biaya untuk membangun satu Starship. Jika berkaca dari roket SpaceX sebelumnya, yakni Falcon 9, biaya pengembangannya menghabiskan dana USD54 juta atau Rp761,9 miliar.

Sedangkan menurut perusahaan nasihat keuangan dan investasi swasta, Motely Fool, pengembangan Starship SN8 diprediksimenelan biaya sekitar empat kali lipat dari Falcon 9, yang berarti sekitar USD216 juta atau Rp3,047 triliun.

Roket ini adalah suksesor SN5 dan SN6, untuk kategori roket yang digunakan untuk dapat membawa penumpang ke bulan dan Mars. Musk berharap Starship meluncurkan misi tak berawak ke Mars pada tahun 2024.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0939 seconds (0.1#10.140)