Amankah Vaksin COVID-19 untuk Ibu Hamil atau Menyusui? Kaum Hawa Wajib Baca!

Kamis, 24 Desember 2020 - 22:15 WIB
loading...
Amankah Vaksin COVID-19 untuk Ibu Hamil atau Menyusui? Kaum Hawa Wajib Baca!
Vaksin COVID-19 untuk ibu hamil atau menyusui masih menimbulkan pro-kontra di antara para ilmuwan, apakah berbahaya atau aman bagi mereka. Foto/Shutterstock/Live Science
A A A
JAKARTA - Suntikan vaksin sampai sekarang belum diuji pada ibu hamil atau menyusui . Para ahli mempunyai sedikit alasan untuk berpikir bahwa vaksin yang tersedia akan berbahaya bagi orang yang sedang hamil atau menyusui. Atau vaksin tersebut akan menimbulkan risiko bagi perkembangan janin atau bayi yang disusui.

"Risiko utama adalah tidak ada data, meskipun secara ilmiah, kami pikir sangat tidak mungkin memiliki efek berbahaya," kata Stephanie Gaw, Asisten Profesor Ilmu Kebidanan, Ginekologi dan Reproduksi di University of California, San Francisco. (Baca juga: Menko Airlangga Kasih Bocoran Kapan Izin Penggunaan Vaksin Covid-19 Keluar )

Itu dikarenakan dua vaksin resmi -yang dikembangkan oleh Pfizer/BioNTech dan Moderna- tidak mengandung virus Corona itu sendiri. "Vaksin hanya mengandung molekul yang disebut mRNA yang tidak dapat menyebabkan infeksi dan cepat rusak di dalam tubuh," kata Gaw kepada Live Science.

Secara umum, banyak vaksin yang diberikan selama kehamilan tidak menjalani uji klinis formal pada ibu hamil sebelum direkomendasikan untuk mereka, menurut laporan 2014 dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sebaliknya, data keamanan dan kemanjuran sering dikumpulkan melalui cara lain, seperti studi hewan dan observasi, dan studi ini digunakan untuk menimbang risiko dan manfaat dari setiap inokulasi.

"Risiko tertular COVID-19 saat hamil kemungkinan lebih besar daripada risiko potensial dari vaksin," kata Denise Jamieson, Ketua Departemen Ginekologi dan Kebidanan di Sekolah Kedokteran Universitas Emory di Georgia, AS.

Penelitian menunjukkan kehamilan dapat meningkatkan risiko COVID-19 yang parah, masuk ICU, kebutuhan ventilasi dan kematian akibat virus, menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG). Kondisi seperti diabetes tipe 2 dapat meningkatkan risiko itu lebih besar lagi. Diabetes tipe 1 juga dapat meningkatkan risiko COVID-19 yang parah, tetapi tautannya belum dikonfirmasi.

Orang harus berbicara dengan penyedia layanan kesehatan untuk mempertimbangkan pro dan kontra vaksinasi selama kehamilan. "Dan pada akhirnya memutuskan apakah segera mendapatkan suntikan atau menunggu lebih banyak data," kata Jamieson.

Bagi mereka yang berisiko tinggi terpapar, seperti petugas kesehatan yang merawat pasien COVID-19, Jamieson mengatakan, dirinya akan sangat merekomendasikan untuk mendapatkan vaksin lebih cepat daripada nanti.

"Untungnya, bagi mereka yang menginginkan lebih banyak data, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) akan mensurvei orang hamil yang menerima suntikan dan seharusnya memiliki lebih banyak informasi keselamatan yang tersedia dalam beberapa bulan mendatang," katanya lagi.

CDC dan Food and Drug Administration (FDA) akan mengumpulkan informasi ini menggunakan sistem pengawasan yang ada dan aplikasi baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1002 seconds (0.1#10.140)