Amankah Vaksin COVID-19 untuk Ibu Hamil atau Menyusui? Kaum Hawa Wajib Baca!

Kamis, 24 Desember 2020 - 22:15 WIB
loading...
A A A
Menimbang Risiko dan Manfaatnya
Jadi jika Anda sedang hamil, menyusui atau berencana untuk hamil, apa yang harus Anda ketahui tentang vaksin COVID-19? "Pertama, kami tahu bahwa, secara umum, sebagian besar vaksinasi aman untuk kehamilan," kata Jamieson kepada Live Science.

"Misalnya, vaksin influenza yang tidak aktif telah direkomendasikan untuk orang hamil sejak 1960-an, dan vaksin Tdap, yang melindungi dari tetanus, difteri dan pertusis, dianjurkan dalam kehamilan karena memperkuat kekebalan pada janin," katanya lagi. (Baca juga: Perda Penanggulangan Covid-19 Digugat, Wagub DKI: Kami Hormati Hak Warga Negara )

Lebih lanjut dijelaskan, vaksin influenza tidak diuji secara resmi pada orang hamil sebelum direkomendasika. Demikian pula, keamanan, dan kemanjuran vaksin tetanus dalam kehamilan telah ditetapkan melalui studi hewan selama beberapa dekade dan studi observasi terhadap orang yang divaksinasi, serta pengawasan untuk efek samping setelah vaksinasi, menurut laporan WHO. "Baru-baru ini, studi observasional dan uji klinis yang benar telah menunjukkan keamanan pemberian Tdap selama kehamilan," menurut CDC.

"Konon, vaksin tertentu tidak aman dikonsumsi selama kehamilan, termasuk vaksin cacar dan vaksin MMR, yang melindungi dari campak, gondok dan rubella," kata Jamieson. Vaksin ini mengandung virus hidup tetapi lemah. Jadi jika vaksin melewati plasenta, ada risiko virus hidup akan menginfeksi janin. "Tetapi vaksin COVID-19 yang diizinkan untuk penggunaan darurat tidak mengandung virus apa pun," tambahnya.

Sebaliknya vakisn mengandung mRNA, sebuah molekul yang berisi instruksi untuk membangun protein spesifik. "mRNA hanyalah potongan informasi genetik yang dikirimkan ke sel Anda sendiri. Dalam hal ini, sel otot di lengan," ungkap Gaw kepada Live Science.

Begitu berada di dalam tubuh, sambung dia, vaksin mRNA menginstruksikan sel untuk membangun bagian protein lonjakan virus corona, sebuah struktur yang menonjol dari permukaan virus. Meskipun tidak menular sendiri, potongan protein lonjakan memicu respons kekebalan yang melatih tubuh untuk mengenali virus Corona jika tubuh menemuinya di masa mendatang.

Setelah digunakan untuk membuat potongan protein lonjakan, mRNA dengan cepat dipecah oleh sel. Dengan kata lain, tidak jauh dari tempat suntikan.

"Karena bekerja secara lokal, kemungkinan tidak berdampak pada janin. Beberapa mRNA benar-benar diambil oleh sistem limfatik, yang mengangkut sel-sel kekebalan ke seluruh tubuh, tetapi kemungkinan kecil mRNA apa pun memasuki aliran darah -meskipun ini masih perlu dikonfirmasi," tambahnya.

"Bahkan jika beberapa mRNA mencapai plasenta, sangat kecil kemungkinannya sesuatu yang berarti dapat menyeberang, meskipun sekali lagi, ini masih perlu dikonfirmasi," kata Gaw.

Bagaimanapun, mRNA tidak dapat menyebabkan infeksi. Demikian pula, berdasarkan cara kerja vaksin dan kecepatan degradasi mRNA. "Kami (juga) tidak mengantisipasi bahwa hal itu akan memengaruhi kesuburan dengan cara apa pun atau memengaruhi awal kehamilan," ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2531 seconds (0.1#10.140)