14 Misi Luar Angkasa yang akan Sedot Perhatian di Tahun 2021

Sabtu, 02 Januari 2021 - 21:22 WIB
loading...
14 Misi Luar Angkasa yang akan Sedot Perhatian di Tahun 2021
Tampak ilustrasi dari astronot dalam misi di Stasiun ISS. Misi luar angkasa di tahun 2021 akan melanjutkan tren di tahun lalu. Foto/NASA
A A A
JAKARTA - Tahun 2020 merupakan tahun yang penuh tantangan bagi industri luar angkasa di tengah pandemik virus Corona baru. Melanjut tren di tahun lalu, banyak misi menarik yang akan diluncurkan atau tiba di tujuan mereka pada 2021 ini. (Baca juga: Biaya Roket SpaceX SN8 yang Meledak Mencapai Rp3 Triliun )

Dari Mars hingga asteroid , robot, manusia, dan banyak lagi, kita akan melihat eksplorasi ruang angkasa terus meluas di seluruh tata surya. Kita juga akan melihat beberapa roket baru terbang dari perusahaan seperti Firefly Aerospace dan Relativity Space. Jadi peluncuran misi ke luar angkasa bukan hanya milik SpaceX .

Merujuk situs berita khusus luar angkasa, Space.com, inilah 14 misi mengeksplorasi ruang angkasa yang kita nantikan di tahun 2021:

1. Tiga Negara Mendarat di Mars
Industri luar angkasa berkembang pesat dan misi Planet Merah tampaknya merupakan tujuan terpanas. NASA akan melanjutkan pencarian jangka panjangnya untuk kehidupan dengan penjelajah Perseverance.

Penjelajah itu akan menyimpan sampel batuan Mars untuk dianalisis di Bumi. Di samping itu, NASA juga menguji helikopter Mars pertama yang disebut Ingenuity.

Bukan hanya Amerika Serikat melalui NASA yang menjangkau Planet Mars. Misi Tianwen-1 China yang juga ambisius juga akan melihat pengorbit, pendarat, dan penjelajah menjelajahi Planet Merah.

Di bulan yang sama, Februari 2021, Uni Emirat Arab juga akan menjalankan misi pertamanya, pengorbit Hope, ke Mars untuk menginspirasi "generasi berikutnya".

2. Misi Uji Coba Kedua dari Starliner
Boeing mengalami sejumlah masalah ketika awak komersialnya Starliner Orbital Test Flight-1 (OFT-1) diluncurkan ke luar angkasa pada tahun 2019 -tidak mencapai Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) seperti yang direncanakan. Bersama NASA, Boeing menyelidiki dan menerapkan beberapa pelajaran yang didapat untuk percobaan lagi di tahun 2021.

Boeing berharap dapat meluncurkan upaya kedua pada 29 Maret 2021 setelah mengatasi masalah perangkat lunak yang mencegah Starliner mencapai tujuan pertama kalinya. Jika Boeing berhasil, ini akan menjadikan Starliner pesawat ruang angkasa komersial kedua yang disertifikasi untuk membawa astronot ke orbit, setelah SpaceX Crew Dragon.

3. Penerbangan Uji Awak Starliner
Dengan asumsi Starliner lulus uji terbang tanpa awak, Boeing berencana mengirim tiga astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional tidak lebih awal dari Juni 2021. Astronot NASA Mike Fincke, Nicole Mann dan Barry "Butch" Wilmore akan terbang dengan uji terbang awak pertama Boeing.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1859 seconds (0.1#10.140)