14 Misi Luar Angkasa yang akan Sedot Perhatian di Tahun 2021

Sabtu, 02 Januari 2021 - 21:22 WIB
loading...
A A A
Misi End-of-Life Services oleh Astroscale-demonstration (ELSA-d) akan diluncurkan pada Maret 2021 dengan roket Soyuz Rusia dari Kazakhstan. Peluncuran ini dalam upaya mengatasi masalah sampah antariksa yang berkembang di orbit.

Misi pesawat ruang angkasa ganda mencakup 175 kilogram "pelayan" dan 17 kg klien yang akan menggunakan teknologi rendezvous dan mekanisme penangkapan magnetik di orbit. Puing-puing orbital diperkirakan akan meningkat di tahun-tahun mendatang karena lebih banyak perusahaan mengirim pesawat ruang angkasa kecil ke orbit Bumi yang rendah.

11. Astronot Pribadi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional
SpaceX berencana mengirim astronot dengan perusahaan Axiom Space yang berbasis di Houston ke luar angkasa pada 2021. Misinya sendiri untuk ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Perjalanan tersebut kemungkinan akan menampilkan delapan hari di stasiun dan dua hari waktu perjalanan. Sementara "turis" telah mengunjungi stasiun luar angkasa sebelumnya, Axiom mencatat ini akan menjadi perjalanan "yang sepenuhnya pribadi" ke stasiun.

NASA berharap membuka stasiun luar angkasa untuk lebih banyak peluang komersial di masa depan. Walaupun Kongres belum memberi badan tersebut uang sebanyak yang diinginkan pada tahun fiskal 2021 untuk rencana ini.

12. Pendaratan di Bulan oleh Mesin Intuitif Houston
Perusahaan Intuitive Machines yang berbasis di Houston berencana menerbangkan robot Nova-C pada penerbangan yang disponsori NASA pada 2021. Mereka akan diluncurkan dengan roket SpaceX Falcon 9.

Pendarat akan mengirim lima muatan NASA Commercial Lunar Payload Services (CLPS) ke permukaan dan akan mengirim data ke planet Bumi selama 13,5 hari (putaran Bumi).

Muatan pelanggan lainnya akan terbang dengan Nova-C karena pendarat masih memiliki kapasitas untuk misi tersebut. "Kemitraan kami dengan Intuitive Machines adalah contoh bagus dari dua perusahaan swasta yang bekerja sama dengan NASA untuk memajukan eksplorasi luar angkasa," kata Presiden SpaceX, Gwynne Shotwell dalam sebuah pernyataan.

13. Peluncuran Starship Komersial Pertama SpaceX ke Luar Angkasa
Setelah beberapa tes ambisius pada 2020, SpaceX dapat mengirimkan muatan komersial pertamanya di pesawat luar angkasa Starship pada tahun 2021. Jonathan Hofeller, wakil presiden penjualan komersial SpaceX, mengatakan, pada Juni 2019 bahwa perusahaan sedang berbicara dengan beberapa perusahaan telekomunikasi untuk peluang peluncuran itu.

Meskipun SpaceX tidak membuat tanggal tentatif, bagaimanapun, itu bergerak maju dengan cepat dengan pengembangan Starship. Termasuk tes manuver ambisius pada Desember 2020. Perusahaan berencana untuk akhirnya menggunakan Starship untuk misi Mars berawak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)