14 Misi Luar Angkasa yang akan Sedot Perhatian di Tahun 2021

Sabtu, 02 Januari 2021 - 21:22 WIB
loading...
A A A
Juli 2020, pandemi memaksa JWST untuk menunda tujuh bulan lagi hingga 2021, dari Maret hingga Oktober. Tetapi teleskop mungkin membuat tanggal yang memungkinkan, NASA ingin mendapatkan teleskop dengan benar dan akan mengambil waktu yang dibutuhkan, kata badan tersebut.

7. Misi Lucy NASA Diluncurkan ke Delapan Asteroid
Misi NASA baru yang ambisius bernama Lucy dijadwalkan diluncurkan pada Oktober atau November 2021. Lucy mengangkasa untuk mempelajari delapan batuan luar angkasa selama hampir satu dekade.

Pesawat luar angkasa itu akan menjadi yang pertama dari NASA yang mengunjungi asteroid Trojan Jupiter, yang mengorbit Matahari dalam dua kelompok. Satu kelompok di belakang Jupiter dan satu kelompok di depannya. Lucy juga akan melewati asteroid sabuk utama dalam perjalanannya ke planet gas raksasa.

8. Megarocket SLS NASA Luncurkan Misi Bulan Pertama
Jika megarocket ambisius Sistem Peluncuran Antariksa NASA dapat mengatasi rintangan pengujiannya tahun ini dan konstruksi selesai tepat waktu, misi Artemis I NASA tersebut akan terbang mengelilingi Bulan setelah diluncurkan pada November 2021.

Ini akan menjadi peluncuran pertama untuk SLS dan yang kedua untuk pesawat ruang angkasa Orion NASA. Pesawat ruang angkasa pertama kali memiliki misi luar angkasa tanpa awak pada 2014.

Artemis I adalah kunci dari rencana NASA untuk mendaratkan manusia di bulan, karena badan antariksa tersebut merencanakan misi orbit bulan berawak pada 2023. Kemudian dilanjutkan dengan pendaratan awak pada 2024.

"Memenuhi tenggat waktu pendaratan, mungkin juga bergantung pada NASA yang menerima lebih banyak pendanaan untuk sistem pendaratan manusianya," kata administrator Jim Bridenstine yang memeringatkan Kongres AS.

9. Misi Pendaratan Bulan Rusia di Kutub Selatan
14 Misi Luar Angkasa yang akan Sedot Perhatian di Tahun 2021

Foto/NPO Lavochkin
Pendarat Rusia Luna-25 mungkin merupakan pesawat Rusia pertama yang mencapai permukaan bulan sejak kehancuran Uni Soviet. Rusia dikabarkan berencana meluncurkan misi Bulan pada 2021 dengan sembilan instrumen di dalamnya.

Luna-25 akan mendarat di kutub selatan bulan untuk meneliti regolit dan eksosfer Bulan (atmosfer). Wilayah ini sedang dipertimbangkan untuk misi Bulan berawak oleh NASA dan badan antariksa lainnya di masa depan. Uni Soviet mengirim beberapa misi tanpa awak ke bulan antara tahun 1950-an dan 1970-an, termasuk pesawat ruang angkasa pertama yang menabrak permukaan (Luna 2 pada 1959), pesawat ruang angkasa pertama ke daratan lunak (Luna 9 pada tahun 1966) dan robot penjelajah bulan pertama.

10. Uji Pembersihan Sampah Antariksa Astroscale
14 Misi Luar Angkasa yang akan Sedot Perhatian di Tahun 2021

Foto/Astroscale
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4064 seconds (0.1#10.140)