Rabu, 06 Januari 2021 - 12:28 WIB
9 Penemuan Luar Angkasa Keren yang Mungkin Anda Lewatkan di Tahun 2020
Para astronom mendeteksi planet asing dengan melihatnya lewat di antara Bumi dan bintangnya. Suatu hari nanti mereka bahkan mungkin mempelajari atmosfer. Foto/Ist
JAKARTA - Penemuan medis mendominasi berita pada tahun 2020, lantaran pandemik COVID-19 yang menantang. Meski demikian, para astronom tetap melanjutkan pekerjaan mereka mengeksplorasi luar angkasa. (Baca juga: NASA Dipersenjatai Nuklir untuk Invasi Bulan dan Planet Mars )

Mereka mencari sinyal misteri melalui gelombang radio, menemukan galaksi baru, dan bahkan menemukan sistem bintang asing mana yang mungkin dapat mendeteksi Bumi .

Disitat dari laman Space.com, berikut ini 9 (sembilan) penemuan ruang angkasa yang mungkin terlewatkan oleh Anda di 2020:

1. Gelombang Radio dari Dunia Asing
9 Penemuan Luar Angkasa Keren yang Mungkin Anda Lewatkan di Tahun 2020

Penggambaran seorang seniman tentang planet ekstrasurya Tau Boötes b menunjukkan medan magnet, yang dapat menyebabkan emisi radio yang diyakini telah dideteksi oleh para ilmuwan. Foto: Jack Madden/Cornell University

Planet-planet di tata surya memancarkan gelombang radio, terutama Jupiter dengan medan magnetnya yang kuat. Tapi tidak ada yang pernah mendeteksi gelombang radio yang datang dari planet di luar tata surya hingga tahun ini, ketika para peneliti mengambil sinyal dari raksasa gas di sistem Tau Bootes. Jaraknya hanya 51 tahun cahaya dari Bumi.

Sinyal itu dapat membantu mereka mempelajari lebih lanjut tentang medan magnet planet ekstrasurya. Ini dapat menawarkan petunjuk tentang apa yang terjadi di atmosfernya.

2. Gumpalan Sinar-X Meledak dari Bima Sakti
9 Penemuan Luar Angkasa Keren yang Mungkin Anda Lewatkan di Tahun 2020

Peta warna palsu ini menunjukkan gelembung sinar-X yang baru ditemukan (kuning dan merah) yang menjulang di atas pusat galaksi. Foto: MPE/IKI

Jutaan tahun lalu, sebuah ledakan di pusat Bima Sakti meledakkan materi berenergi di atas dan di bawah piringan galaksi. Materi itu masih terlihat, bersinar dalam spektrum sinar gamma dalam dua gumpalan yang ditemukan pada tahun 2010, yang dikenal sebagai Gelembung Fermi.

Pada 2020, para peneliti menemukan sepasang gumpalan lain di wilayah yang sama, terlihat dalam spektrum sinar-X. Kemungkinan terkait dengan gelembung Fermi, fitur redup dan raksasa dari menara Bima Sakti di atas Gelembung Fermi 25.000 tahun cahaya, dengan lebar 45.000 tahun cahaya dari ujung ke ujung. Peneliti menamakannya "gelembung eROSITA".

3. Pendorong Roket yang Telah Lama Hilang
9 Penemuan Luar Angkasa Keren yang Mungkin Anda Lewatkan di Tahun 2020

Animasi ini menunjukkan kecepatan orbit 2020 SO, yang ditangkap oleh gravitasi Bumi pada 8 November 2020. Keanehan luar angkasa akan hilang pada Maret 2021. Foto: NASA/JPL-Caltech

Bumi memperoleh "minimoon" baru pada 2020, salah satu dari beberapa objek yang ditemui planet di ruang angkasa dari waktu ke waktu yang berakhir di orbit di sekitar planet kita. Tetapi pemeriksaan lebih dekat oleh pengamat ruang angkasa amatir dan profesional mengungkapkan bahwa minimoon ini sama sekali bukan objek alami, melainkan pendorong roket yang diluncurkan NASA pada 1960-an.

4. Lingkaran Radio Hantu
9 Penemuan Luar Angkasa Keren yang Mungkin Anda Lewatkan di Tahun 2020

ORC1 hantu dengan latar belakang galaksi pada panjang gelombang optik. Ada galaksi oranye di pusat ORC, tapi kita tidak tahu apakah itu bagian dari ORC, atau hanya kebetulan saja. Foto: Barbel Koribalski, berdasarkan data ASKAP

Ilmuwan sering menemukan benda-benda di luar angkasa yang terlihat seperti gumpalan kabur. Tetapi lingkaran radio aneh yang baru ditemukan (ORC), yang ditemukan pada 2019 dan dilaporkan pada 2020, adalah sesuatu yang istimewa.

Gumpalan bundar, terlihat dalam data teleskop radio, tidak terlihat seperti objek yang dikenal. Mereka bukanlah sisa-sisa supernova, atau efek optik yang dikenal sebagai cincin Einstein. Beberapa ilmuwan bahkan berpendapat bahwa itu mungkin tenggorokan lubang cacing. Tapi tidak ada yang benar-benar tahu apa yang baru ditemukan ini.

5. Sejuta Galaksi Baru
9 Penemuan Luar Angkasa Keren yang Mungkin Anda Lewatkan di Tahun 2020

The Australian Square Kilometer Array Pathfinder (ASKAP). Foto: Alex Cherney/CSIRO

Sebuah teleskop radio di pedalaman Australia memetakan 83% alam semesta yang dapat diamati selama 300 jam pengamatan. Dan itu mengungkapkan banyak sekali data: 3 juta galaksi, satu juta penuh di antaranya belum pernah terlihat sebelumnya.

Australian Square Kilometer Array Pathfinder (ASKAP) mengandalkan 36 antena untuk merekam langit. Tetapi ini adalah pertama kalinya ke-36 antena tersebut digunakan sekaligus untuk satu proyek.

6. Sedikit Kehidupan di Venus?
9 Penemuan Luar Angkasa Keren yang Mungkin Anda Lewatkan di Tahun 2020

NASA mengambil gambar Venus ini menggunakan wahana Mariner 10 selama penerbangannya pada 1974. Foto: NASA

Venus mungkin merupakan tempat paling tidak ramah di tata surya, dengan awan asam bergolak dan suhu yang mengerikan. Itulah sebabnya para astronom bersiap-siap untuk mencari fosfin, gas berbau yang dianggap kemungkinan tanda kehidupan di planet asing, terlebih dahulu melatih teleskop pemburu fosfin mereka di Venus: Mereka menginginkan gambar referensi dari dunia yang pasti sudah mati. Namun secara mengejutkan, mereka menemukan senyawa tersebut di awan Venus.

Namun, peneliti lain mendesak agar berhati-hati sebelum menyatakan bahwa memang ada kehidupan di Venus.

7. Magnetar yang Baru Lahir
9 Penemuan Luar Angkasa Keren yang Mungkin Anda Lewatkan di Tahun 2020

Gambar Teleskop Luar Angkasa Hubble menunjukkan bagian langit di mana pola cahaya yang tidak biasa berasal, yang menunjukkan kelahiran magnetar. Foto: Teleskop Luar Angkasa Hubble/NASA

Pada 12 November, para peneliti mendeteksi kilonova terang, pertunjukan cahaya setelah dua bintang neutron bergabung bersama. Kilonova jarang ditemukan di luar angkasa, tetapi para peneliti telah melihatnya sebelumnya. Namun yang satu ini istimewa: Sinyal aneh dalam lampu kilonova menunjukkan adanya sesuatu yang baru. Para peneliti yang mempelajari peristiwa tersebut menawarkan beberapa kemungkinan, tetapi mengatakan yang paling mungkin adalah magnetar yang baru lahir: bintang neutron super-magnetik besar yang terbentuk selama tabrakan.

8. Sumber Ldakan Radio yang Cepat
9 Penemuan Luar Angkasa Keren yang Mungkin Anda Lewatkan di Tahun 2020

Magnetar adalah bintang neutron padat dengan medan magnet yang sangat kuat. Dalam ilustrasi ini, magnetar memancarkan ledakan radiasi. Foto: Sophia Dagnello, NRAO/AUI/NSF

Magnetar juga bertanggung jawab atas kilatan cahaya paling terang di ruang angkasa. "Semburan radio cepat" ini telah membingungkan para astronom selama bertahun-tahun, mengemas energi yang dipancarkan Matahari dalam beberapa hari hanya dalam milidetik.

Sebagian besar tampaknya berasal dari jauh di luar Bima Sakti, tetapi pada 2020 para peneliti melaporkan FRB yang berasal dari galaksi asal kita, hanya 30.000 tahun cahaya dari Bumi. Dan yang ini memiliki titik asal yang diketahui: magnetar. Apakah itu berarti semua semburan tersebut berasal dari magnetar? Tidak ada yang yakin.

9. Alien yang Mungkin Bisa Melihat Kita

Foto: NASA/NOAA

Para astronom mendeteksi planet asing dengan melihatnya lewat di antara Bumi dan bintangnya. Suatu hari nanti mereka bahkan mungkin mempelajari atmosfer dengan mengamati bagaimana cahaya bintang bersinar.

Tapi itu hanya berlaku untuk planet dengan orbit yang sejajar untuk menempatkannya di antara Bumi dan bintang asalnya. Planet yang tidak berbaris seperti itu kebanyakan tidak terlihat oleh teknologi teleskop saat ini.

Pada 2020, para peneliti bertanya sistem bintang mana yang memiliki sudut pandang menguntungkan di Bumi yang memungkinkan mereka melihat planet kecil dengan atmosfer yang penuh dengan tanda-tanda kehidupan. Mereka mengidentifikasi 1.004 sistem bintang yang mampu melihat Bumi dalam 326 tahun cahaya.

Satu bintang yang berjarak 12 tahun cahaya dari Bumi telah mengenal eksoplanet. Ini akan memiliki sudut pandang yang tepat untuk melihat Bumi saat bergerak ke posisinya pada 2044. (Baca juga: Akhirnya, Mendikbud Nadiem Pastikan Formasi CPNS Guru akan Tetap Ada )