Arkeolog Temukan Kuburan Kuno Berusia 4.500 Tahun di Stonehenge

Kamis, 11 Februari 2021 - 08:52 WIB
Para arkeolog juga menemukan pola selokan yang terkubur di selatan kuburan yang tampak membentuk selungkup. "Tampaknya berasal dari periode pertengahan hingga akhir Zaman Perunggu, setelah sekitar 3.500 tahun yang lalu, ketika ada pemukiman di dekatnya," kata Leivers.

Ia menambahkan, tim menemukan sejumlah besar batu api yang terbakar di tanah di sekitarnya, yang mungkin menandakan adanya aktivitas.

Leivers mengatakan terowongan yang melewati Stonehenge adalah bagian yang paling tidak berpengaruh terhadap proyek secara arkeologis. "Hanya di portal terowongan dan di sepanjang jalan ke timur dan barat, arkeologi akan terpengaruh," katanya. (Baca juga: Ungkap Misteri Kehidupan di Planet Merah, Ilmuwan Selidiki Bulan Mars Phobos)

Sebaliknya, penggalian penuh yang akan dimulai akhir tahun ini akan memungkinkan para arkeolog mempelajari lanskap transek panjang di kedua sisi monumen Neolitikum. "Ini adalah bagian yang tidak sering dilihat orang, jauh dari bebatuan itu sendiri, jadi ini adalah kesempatan yang sangat berharga untuk menempatkan Stonehenge dalam konteks lanskapnya yang lebih luas," katanya.