Jangan Takut Kalau Diminta Dokter Foto Rontgen, Aman!

Jum'at, 12 Februari 2021 - 05:16 WIB
loading...
Jangan Takut Kalau Diminta Dokter Foto Rontgen, Aman!
Hasil foto rontgen dengan menggunakan Sinar X yang dianggap aman bagi tubuh manusia. Foto/alodokter
A A A
JAKARTA - Kata rontgen sudah familiar bagi mereka yang pernah punya masalah kesehatan dengan bagian dalam tubuhnya. Pertanyaannya, apa itu rontgen, manfaat dan dampaknya bagi tubuh kita?

Rontgen adalah prosedur pemeriksaan menggunakan radiasi gelombang elektromagnetik atau sinar-X untuk menampilkan gambar bagian dalam tubuh. Selain mendeteksi masalah kesehatan, foto Rontgen juga dapat digunakan sebagai prosedur penunjang dalam tindakan medis tertentu.

Dilansir dari laman alodokter, pada foto rontgen, gambaran dari benda padat, seperti tulang, akan ditampilkan sebagai area berwarna putih. Sedangkan, udara yang terdapat pada paru-paru akan tampak berwarna hitam dan gambaran dari lemak atau otot ditampilkan dengan warna abu-abu.

Dalam beberapa jenis foto Rontgen, digunakan tambahan zat pewarna (kontras) yang diminum atau disuntikkan, misalnya iodine atau barium. Pemberian zat pewarna ini bertujuan agar gambar yang dihasilkan lebih jelas dan detail.

Prosedur foto Rontgen ini dilakukan di rumah sakit oleh dokter atau petugas radiologi yang sudah terlatih. Meski radiasi memiliki risiko memicu pertumbuhan sel kanker, paparan radiasi dari foto rontgen terbilang sangat kecil dan dianggap aman, terutama jika dibandingkan dengan manfaatnya.

Indikasi Foto Rontgen
Foto Rontgen dilakukan untuk melihat kondisi bagian dalam tubuh, mulai dari tulang, sendi, hingga organ dalam. Ada berbagai kondisi dan penyakit yang dapat dideteksi dengan foto Rontgen, di antaranya patah tulang, osteoporosis, infeksi, gangguan pencernaan, pembengkakan jantung, serta tumor payudara.

Selain untuk mendeteksi masalah yang terjadi di dalam tubuh, foto Rontgen juga dapat dilakukan untuk mengamati perkembangan penyakit, mengetahui kemajuan dari pengobatan yang dilakukan, serta menjadi pedoman untuk melakukan prosedur tertentu, seperti pemasangan ring pada jantung.

Lebih detailnya, berikut ini beberapa prosedur pemeriksaan yang menggunakan teknologi sinar-x:
1. Radiografi sinar-X
Radiografi sinar-X umumnya digunakan untuk mendeteksi patah tulang, tumor, pneumonia, gangguan pada gigi, dan benda asing yang masuk ke dalam tubuh.

2. Mammografi
Mammografi dilakukan dokter untuk memeriksa dan mendeteksi berbagai kelainan pada payudara. Seperti tumbuhnya sel kanker, tumor, atau terjadi penumpukan kalsium.

3. CT scan (computed tomography)
CT scan menggabungkan teknologi sinar-X dengan sistem komputer untuk menghasilkan gambar kondisi dalam tubuh dari berbagai sudut dan potongan. CT scan dapat digunakan untuk mendeteksi berbagai masalah kesehatan, mulai dari emboli paru hingga batu ginjal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3777 seconds (0.1#10.140)