10 Temuan Jenius yang Disesali Sang Penemunya hingga Kini

Sabtu, 27 Februari 2021 - 17:32 WIB
loading...
A A A
3. Facebook

10 Temuan Jenius yang Disesali Sang Penemunya hingga Kini


Siapa tidak mengenal facebook? Facebook pernah jadi sosial media paling populer di akhir dekade 2000-an. Meski kini facebook sudah mulai ditinggalkan karena banyak penggunanya yang mulai beralih ke media sosial lain. Selama ini sosok Mark Zuckerberg dikenal sebagai penemu facebook. Padahal sebenarnya facebook ditemukan oleh sebuah tim dan bukan perorangan.

Orang yang merupakan bagian dari tim Mark melahirkan facebook inilah yang mengaku menyesal kemudian atas ditemukannya facebook. Orang tersebut beranama Sean Parker. Sean merasa tidak bangga dengan pencapaiannya tersebut. Terbukti, pada 2017 Sean menyebut bahwa facebook terlalu memanfaatkan "kerapuhan" psikologis penggunanya untuk popularitas, melalui likes, opini status, dan sebagainya. Sean juga mengkritisi facebook yang bisa menimbulkan kecanduan bagi penggunanya.

4. Iklan Pop Up di Internet

10 Temuan Jenius yang Disesali Sang Penemunya hingga Kini


Pernahkah kalian mendapati iklan pop up di internet? Iklan pop up yang kerap muncul di internet sangat mengganggu. Terkadang, kemunculannya bahkan sampai membuat jengkel. Kalian tidak sendiri, sebab iklan di internet juga termasuk salah satu penemuan yang disesali penemunya. Ya, sang penemu Ethan Zuckerman juga merasa hal sama.

Ide Ethan untuk membuat iklan pop up ini tercetus sekitar tahun 1990-an. Ethan pertama kali membuat iklan pop up untuk sebuah perusahaan mobil. Untuk menyebar iklan tersebut, Ethan kemudian menyusun konsep iklan yang tidak hanya akan muncul di laman asli sebuah web. Namun, juga akan muncul secara terpisah di halaman lainnya.

Ethan merupakan sosok yang pertama menyusun kode pemrograman tersebut, dan masih diterapkan sampai saat ini. Sekian tahun berselang, tepatnya pada 2014, Ethan Zuckherman muncul di sebuah media online bernama The Atlantic. Di sana dia meminta maaf, karena kini idenya dalam membuat iklan tersebut justru menjadi hal yang sangat mengganggu. (Baca juga: Deretan Alat Telekomunikasi dari Masa ke Masa, Ada yang Masih Ingat?)

5. Hari Ibu Sedunia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)