Apakah Kecepatan Cahaya 'Star Trek' Dimungkinkan di Dunia Nyata?

Senin, 01 Maret 2021 - 08:00 WIB
Apakah Warp Drive Dimungkinkan?
Pemahaman kita tentang fisika saat ini dan bagaimana perjalanan cahaya mengecualikan objek untuk mencapai kecepatan yang lebih besar dari kecepatan cahaya, tetapi tidak mengecualikan kemungkinan ruang itu sendiri bergerak pada atau di luar kecepatan itu. Faktanya, beberapa orang yang telah meneliti masalah ini mengklaim di alam semesta awal, ruang-waktu mengembang dengan kecepatan superluminal, meskipun hanya untuk interval yang sangat pendek.

Jika hipotesis ini terbukti benar, penggerak warp dapat memanfaatkan celah ini, meninggalkan masalah penggerak objek dan justru menugaskan ilmuwan dengan pertanyaan tentang bagaimana menghasilkan energi sangat besar yang dibutuhkan untuk memindahkan ruang-waktu.

Jika para ilmuwan mengambil pendekatan ini, penggerak warp dapat dianggap sebagai berikut: penggerak warp adalah yang menciptakan sejumlah besar energi yang mengontrak ruang-waktu di depan kapal luar angkasa, sekaligus memperluas ruang-waktu di bagian belakang, yang pada akhirnya menciptakan gelembung warp.

Hal ini akan menyebabkan ruang-waktu mengalir oleh gelembung —kapal tetap diam di area lokalnya saat warp melanjutkan ke tujuan baru pada perkembangan superluminal.

Pada akhir abad ke-20, ilmuwan Meksiko, Miguel Alcubierre, membuktikan bahwa warp drive, pada kenyataannya, konsisten dengan hukum yang mengatur alam semesta. Termotivasi oleh ketertarikannya pada penggerak plot revolusioner Gene Roddenberry, desain kapal luar angkasa Alcubierre —dikenal sebagai Alcubierre drive— menunggangi "gelombang" ruang-waktu, seperti peselancar menunggangi ombak di lautan.

Tantangan Warp Drive
Terlepas dari bukti Alcubierre dan fakta bahwa tidak ada dalam pemahaman kita saat ini tentang fisika teoretis yang melarang penggerak warp dikembangkan, gagasan secara keseluruhan masih dalam ranah spekulasi. Teknologi kita saat ini belum cukup sampai di sana, dan meskipun orang-orang sedang mencari cara untuk mencapai prestasi luar biasa dalam perjalanan luar angkasa ini, ada banyak masalah yang masih harus diselesaikan.

Massa Negatif
Penciptaan dan pergerakan gelembung lungsin mengharuskan ruang di depannya musnah, sedangkan ruang di belakang perlu berkembang pesat. Ruang yang musnah ini disebut sebagai massa negatif atau energi negatif, jenis materi yang sangat teoretis yang belum "ditemukan".

Dengan demikian, tiga teori telah membawa kita lebih dekat ke realitas massa negatif. Misalnya, efek Casimir menjabarkan pengaturan di mana dua cermin paralel ditempatkan dalam ruang hampa. Ketika mereka digerakkan sangat dekat satu sama lain, tampaknya energi di antara mereka lebih rendah daripada energi di sekitar mereka, sehingga menciptakan energi negatif, meskipun hanya dalam jumlah yang sangat kecil.

Pada 2016, para ilmuwan di LIGO (Laser Interferometer Gravitational-Wave Observatory) membuktikan bahwa ruang-waktu dapat "melengkung" dan menekuk di hadapan medan gravitasi yang sangat besar. Dan pada 2018, para ilmuwan dari University of Rochester menggunakan laser untuk mendemonstrasikan kemungkinan lain penciptaan massa negatif.

Meskipun penemuan-penemuan ini membuat umat manusia semakin dekat dengan penggerak warp yang berfungsi, jumlah kecil massa negatif ini sangat jauh dari besarnya kepadatan energi negatif yang akan dibutuhkan untuk melakukan perjalanan 200 kali FTL (kecepatan yang dibutuhkan untuk mencapai bintang terdekat dalam jumlah waktu yang wajar).