Apakah Kecepatan Cahaya 'Star Trek' Dimungkinkan di Dunia Nyata?

Senin, 01 Maret 2021 - 08:00 WIB
loading...
A A A
Jumlah Energi
Dengan desain Alcubierre pada 1994 dan juga desain lainnya, tampaknya jumlah energi yang dibutuhkan untuk menciptakan perluasan dan penyusutan ruang-waktu yang diperlukan akan melebihi keluaran Matahari selama 10 miliar tahun umurnya. Namun penelitian lebih lanjut mampu menurunkan jumlah energi negatif yang dibutuhkan untuk planet raksasa gas, yang, meskipun perbaikannya, masih merupakan tantangan yang harus dihadapi.

Satu teori untuk memecahkan rintangan ini adalah dengan mengekstraksi sejumlah besar energi yang diciptakan dari pemusnahan materi-antimateri — ledakan partikel yang sama dengan muatan berlawanan — dan menggunakannya di "inti lengkungan" kapal.

Berpergian dengan Warp Drive
Bahkan jika para ilmuwan berhasil membengkokkan ruang-waktu di sekitar pesawat ruang angkasa tertentu, itu hanya akan menimbulkan lebih banyak pertanyaan tentang perjalanan ruang angkasa.

Para ilmuwan berteori seiring perjalanan antarbintang, gelembung lungsin berpotensi mengumpulkan sejumlah besar partikel, yang dapat menyebabkan ledakan besar pada saat kedatangan. Masalah lain yang mungkin terkait dengan ini adalah masalah bagaimana menavigasi seluruh gelembung lengkungan dan pertanyaan tentang bagaimana para pelancong akan berkomunikasi dengan Bumi.

Kesimpulan
Secara teknis, kita masih jauh dari warp drive dan perjalanan antarbintang. Tetapi dengan kemajuan teknologi dan mendorong inovasi, jawabannya lebih dekat dari sebelumnya.

Orang-orang seperti Elon Musk dan Jeff Bezos yang bercita-cita menjadikan kita peradaban luar angkasa adalah rangsangan yang diperlukan untuk memecahkan kode penggerak warp. Untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade, ada kegembiraan tentang penerbangan luar angkasa, dan antusiasme semacam ini adalah bagian penting lainnya dalam upaya menjelajahi alam semesta.
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3855 seconds (0.1#10.140)