Sabtu, 06 Maret 2021 - 23:30 WIB
Robot Penjelajah NASA Mulai Bergerak Cari Alien di Mars
Perseverance akan melakukan penjelajahan sekitar 15 km selama satu tahun Mars atau kira-kira dua tahun Bumi. Foto: dok NASA
CALIFORNIA - Setelah sukses mendarat di Mars , robot penjelajah Perseverance milik badan antariksa AS ( NASA ) mulai melakukan bergerak mencari tanda kehidupan di Mars.

Pergerakannya memang tidak cukup jauh, hanya 6,5 meter jika ditotal. Namun menurut, wakil ilmuwan proyek NASA Katie Stack Morgan pergerakan tersebut adalah momen yang sangat signifikan.

"Perseverance masih melakukan banyak pemeriksaan teknik, tapi begitu Perseverance mulai bergerak kita dapat menganggap diri kita penjelajah di permukaan Mars," katanya dikutip dari BBC, Sabtu (6/3).

Robot Penjelajah NASA Mulai Bergerak Cari Alien di Mars

Pada pergerakan pertamanya, robot itu bergerak sedikit maju, berputar di tempat 150 derajat, dan kemudian mundur sedikit.

"Anda dapat melihat jejak roda yang kami tinggalkan di Mars; Saya rasa saya tidak pernah lebih bahagia melihat jejak roda," kata insinyur mobilitas Perseverance, Anais Zarifian.

Sudah dua minggu sejak robot ini mendarat dengan mulus di Planet Merah itu, tepatnya pada 19 Februari 2021.

Robot ini mendarat di kawah dekat ekuator yang disebut Jezero, untuk mencari bukti kehidupan di masa lalu.