Jangan Khawatir, Suntik Vaksin Covid-19 Selama Ramadan Tidak Batalkan Puasa

Minggu, 04 April 2021 - 17:26 WIB
loading...
Jangan Khawatir, Suntik Vaksin Covid-19 Selama Ramadan Tidak Batalkan Puasa
MUI menyampaikan bahwa umat Islam wajib untuk berpartisipasi dalam program vaksinasi demi wujudkan kekebalan kelompok dan terbebas dari wabah Covid-19. Foto: dok Halodoc
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan pelaksanaan vaksin Covid-19 bagi umat muslim pada bulan Ramadan tidak membatalkan puasa. Hal tersebut merujuk berdasarkan Fatwa MUI Nomor 13 tahun 2021.


"Vaksinasi Covid-19 tidak membatalkan puasa, berdasarkan fatwa MUI no 13," ujar juru bicara Kemenkes Nadia Wiweko pada webinar Temu Media, Minggu (4/4).

Karenanya, pemerintah dapat melakukan vaksinasi Covid-19 saat Ramadhan untuk mencegah penularan wabah Covid-19 dengan memperhatikan kondisi umat Islam yang sedang berpuasa.

"Pemerintah dapat melakukan vaksinasi di bulan Ramadan mendatang. Nantinya vaksinasi ini akan menyesuaikan kondisi umat islam yang sedang berpuasa," jelasnya.

Sebelumnya, dalam rangka menyambut Ramadan yang akan tiba sebentar lagi, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa yang menyebutkan bahwa vaksinasi Covid-19 dengan injeksi intramuscular (suntikan pada otot) tidak membatalkan puasa.

Melalui Fatwa ini, MUI juga menyampaikan bahwa umat Islam wajib untuk berpartisipasi dalam program vaksinasi demi wujudkan kekebalan kelompok dan terbebas dari wabah Covid-19.



Hingga saat ini, pemerintah sudah mengeluarkan 12.5 juta dosis vaksin. Cakupan dosis pertama di Indonesia sudah mencapai angka 21.33 persen dari target 40 juta sasaran pada vaksinasi tahap 1 dan 2.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1902 seconds (0.1#10.140)