Peneliti Bio Farma Tegaskan Vaksin Tidak Cegah Infeksi Covid-19

Senin, 12 Juli 2021 - 09:45 WIB
loading...
Peneliti Bio Farma Tegaskan Vaksin Tidak Cegah Infeksi Covid-19
Selain menurunkan kesakitan dan kematian, vaksin juga bertujuan untuk mempercepat tercapainya kekebalan kelompok atau herd immunity dalam melindungi kesehatan masyarakat. Foto: Sindonews
JAKARTA - Masih banyak masyarakat yang salah kaprah memahami fungsi vaksin, termasuk vaksin Covid-19. Hal ini yang membuat pertanyaan "kenapa sudah divaksin tetap kena Covid-19?" masih beredar.

BACA JUGA: OPPO Enco Air Dibanderol Cetiao, Ini Spesifikasi dan Fitur Unggulannya

Peneliti PT Bio Farma, Dr. apt. Neni Nurainy menjelaskan secara gamblang terkait fungsi vaksin tersebut. Dalam pernyataannya, dia mengatakan bahwa vaksin memang tidak sepenuhnya bisa melindungi seseorang dari infeksi penyakit.

"Tujuan vaksinasi itu tidak mencegah infeksi, jadi kemungkinan terjadinya transmisi (penularan) masih ada," katanya di webinar 'Eskalasi Covid-19 di Indonesia: Basis Ilmiah, Strategi Pengendalian, dan Kebijakan', belum lama ini.

Neny yang merupakan Kepala Divisi Pengembangan Translasi Produk PT Bio Farma itu pun melanjutkan, vaksin dalam kondisi pandemi bukanlah vaksin ideal dengan efikasi mendekati 100 persen.

"Jadi, harus disadari bahwa vaksin ini tujuannya menurunkan kesakitan dan kematian akibat dari Covid-19," tambahnya.

Selain menurunkan kesakitan dan kematian, Neny mengungkapkan bahwa vaksin juga bertujuan untuk mempercepat tercapainya kekebalan kelompok atau herd immunity dalam melindungi kesehatan masyarakat.



BACA JUGA: Layanan Cek Ketersediaan Kamar Covid-19 Sinarap 3.0 Kemenkes Sudah Bagus, Hanya Kurang Update

"Lalu, vaksin juga bertujuan melindungi dan memperkuat sistem kesehatan masyarakat dan menjaga produktivitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi," tambahnya.
(dan)
preload video
KOMENTAR ANDA