Temuan Kota Emas dan Pemindahan 22 Mumi Keturunan Firaun

Sabtu, 10 April 2021 - 21:01 WIB
loading...
Temuan Kota Emas dan Pemindahan 22 Mumi Keturunan Firaun
Arak-arakan pemindahan Mumi Firaun sepekan lalu. FOTO/ IST
KAIRO - Sebelum ditemukan Kota Emas Firaun, Mesir menggelar parade untuk memindahkan mumi 22 firaun ke museum penempatan yang baru, Sabtu (3/4/2021).

Proses pemindahan mumi-mumi firaun dari Museum Rakyat Mesir ke Museum Nasional Peradaban Mesir itu pun terbilang unik, karena digelar dengan cara parade kendaraan hias.

BACA JUGA - Kota Emas Firaun Ditemukan, Semua Mata Dunia Tertuju ke Mesir

Para pejabat berencana mengangkut mumi dari Museum Mesir di Tahrir Square ke Museum Nasional Peradaban Mesir di Fustat pada 3 April, yang akan mencakup jenazah Raja Ramses II dan Ratu Ahmose-Nefertari.

BACA JUGA - Kereta dan Kota Emas Firaun Ditemukan, Ahli Gali Keberadaan Tongkat Nabi Musa



Di antara benda-benda museum yang akan dipindahkan adalah mumi Raja Ramses II, Seqenenre Tao, Thutmose III, dan Seti I, dan ratu Hatshepsut, Meritamen, istri Raja Amenhotep I dan Ahmose-Nefertari, istri Raja Ahmose.

Raja Ramses II, juga dikenal sebagai Ramses Agung, adalah penguasa Mesir kuno yang paling kuat dan termasyhur.

Dikenal oleh penerusnya sebagai ‘Leluhur Agung’, ia memimpin beberapa ekspedisi militer dan memperluas Kekaisaran Mesir yang membentang dari Suriah di timur hingga Nubia di selatan.

Ramses adalah Firaun ketiga dari Dinasti ke-19 Mesir dan memerintah dari 1279 hingga 1213 SM.

Dia dikenang terutama karena patung-patung kolosal yang dia perintahkan dan untuk program pembangunan masifnya.



Masing-masing firaun dibawa dengan kendaraan hias berornamen Mesir kuno sendiri-sendiri menuju rumah baru mereka. Dan, berikut adalah daftar 22 Firaun yang dipindahkan dengan 'Parade Emas' oleh pemerintah Mesir.

1 - Seqenenre Tao II, yang lebih dikenal sebagai 'Sang Pemberani'. Dia berkuasa di Mesir selatan sekitar 1600 tahun sebelum hadirnya agama kristen. Dan, dia memimpin sebah perang melwan Hyskos, bangsa semit yang ingin menginvasi Mesir.

2 - Ratu Ahmose-Nefertari, kekuatanya dan putri yang berpengaruh, dia menikah dengan saudaranya Ahmose I yang menjadi monarki pertama dari dinasti ke-18.
halaman ke-1
preload video
KOMENTAR ANDA