Ini Bedanya Gerhana Bulan Total, Parsial, dan Penumbra

Kamis, 29 April 2021 - 19:09 WIB
loading...
Ini Bedanya Gerhana Bulan Total, Parsial, dan Penumbra
Foto: dok/SINDOnews/Isra Triansyah
A A A
JAKARTA - Setiap tahun fenomena gerhana bulan akan terjadi sekitar 3 kali dalam setahun. Untuk tahun 2021 ini, gerhana bulan terjadi pada 28 April kemarin dan akan ada lagi pada 26 Mei dan 19 November.

Untuk tanggal 26 Mei 2021, fenomena yang terjadi adalah gerhana bulan total. Sedangkan untuk tanggal 19 November 2021, yang terjadi adalah gerhana bulan parsial.



Dikutip dari laman Space.com, ada tiga gerhana bulan yang dicatat astronom untuk membedakan peristiwa yang terjadi, yakni gerhana bulan total , gerhana bulan parsial, dan gerhana bulan penumbra.

1. Gerhana Bulan Total

Ini Bedanya Gerhana Bulan Total, Parsial, dan Penumbra


Menurut NASA, gerhana bulan total adalah dimana bayangan penuh bumi (umbral) jatuh di bulan. Bulan tidak akan benar-benar menghilang, tetapi akan berada di kegelapan karena tidak mendapatkan sinar matahari yang terhalang bumi.

Beberapa sinar matahari yang melewati atmosfer bumi tersebar dan dibiaskan, atau dibengkokkan, dan difokuskan kembali ke bulan. Ini akan memberikan sedikit cahaya redup di bulan.

Selama gerhana total , bulan bisa berubah warna menjadi merah darah. Bulan merah dimungkinkan karena saat bulan berada dalam bayangan total, sebagian cahaya dari matahari melewati atmosfer bumi dan membelok ke arah bulan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4051 seconds (0.1#10.140)