Rover Zhurong China Berhasil Merekam Suara dari Mars

Senin, 28 Juni 2021 - 16:05 WIB
loading...
Rover Zhurong China Berhasil Merekam Suara dari Mars
Zhurong mengirimkan gambar lansekap yang beragam dengan es bawah tanah, gunung berapi, bukit pasir, dan banyak lagi. Foto: ist
A A A
BEIJING - China National Space Administration (CNSA) membagikan sebuah video baru, dan untuk pertama kalinya menampilkan audio yang ada di Mars.

Suara itu diambil oleh rover Zhurong, dinilai sebagai tujuan utama dari misi Tianwen-1 China ke Planet Merah.



Rover Zhurong diluncurkan dari Bumi pada 23 Juli 2020 dan tiba di Mars pada musim semi 2021. Kendaraan ini melintasi kawah besar yang dikenal sebagai Utopia Planitia, kira-kira 1.800 kilometer timur laut dari rover Perseverance milik NASA.

"Pengorbit dan penjelajah Mars bekerja dengan sangat baik, dengan lancar dan aman memberikan laporan dari Mars, serta mengirimkan berkah besar," kata CBSA, dalam pernyataan resminya, dikutip dari Mashable, Senin (28/6/2021).

Zhurong mengirimkan gambar lansekap yang beragam dengan es bawah tanah, gunung berapi, bukit pasir, dan banyak lagi.

Utopia Planitia dipilih oleh CNSA sebagai tempat eksplorasi Zhurong selama sekitar 90 hari, dan juga kelanjutan dari pencarian manusia akan tanda-tanda kehidupan kuno.

Gambar-gambar yang diambil Zhurong menggunakan kamera nirkabel yang dapat disimpan di tanah dan kemudian diambil kembali.


Ada juga video yang diambil dari kamera yang terpasang di tiang tengah Zhurong, saat rover pertama kali menggerakkan rodanya di permukaan Mars. Video ini mencakup audio mekanika rover yang sedang bekerja.

Ilmuwan CNSA mengatakan, mereka berharap untuk menggunakan sistem audio untuk menangkap suara angin di Mars, sesuatu yang diharapkan akan kita dengar di video selanjutnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3091 seconds (0.1#10.140)