Mengintip Koleksi Museum CIA, Penuh Benda Artefak Bersejarah

Sabtu, 11 September 2021 - 10:01 WIB
loading...
Mengintip Koleksi Museum CIA, Penuh Benda Artefak Bersejarah
Koleksi Museum CIA penuh dengan sejarah Perang Dunia II. FOTO/ IST
A A A
Fakta sejarah Central Intelligence Agency (CIA) yang berada di markas badan intelijen Amerika Serikat DI Virginia, terdapat museum CIA yang dipenuhi dengan peralatan mata-mata.

Ide museum ini muncul pada tahun 1972. Saat itu mantan Direktur Eksekutif CIA, William E. Colby, memiliki ide untuk membuat museum Agensi yang dipenuhi dengan artefak sejarah yang penting.

Koleksi CIA sekarang termasuk gadget mata-mata, persenjataan khusus, dan memorabilia spionase yang mencakup asal-usul CIA sebelum Perang Dunia II hingga hari ini.

Meskipun Museum CIA tidak terbuka untuk umum karena lokasinya di Markas Besar CIA , namun pihak pengelola menyediakan situs yang bisa digunakan untukmenjelajahi koleksi unik mereka.

Melalui situs resminya, CIA membagikan foto serta deskripsi singkat mengenai benda-benda yang menjadi koleksi mereka.

1. Masker gas al-Qa'ida

Salah satunya yang menarik adalah masker gas yang ditemukan di rumah persembunyian al-Qa'ida di Kandahar, Afghanistan.

Dalam deskripsinya, CIA menyebut bahwa yang ditampilkan di sini adalahs alah satu dari banyak masker gas yag ditemukan di rumah persembunyian al-Qa'ida di Kandahar, Afghanistan, pada Desember 2001. Adapun spesifikasi artefak tersebut 28cm x 24,3 cm x 15,5cm.

2. Baju pelindung A-12

Ada juga baju pelindung A-12. Pilot A-12 mengenakan jenis setelah tekanan pelindung dengan insulasi termal, kontrol tekanan, pendingin dan sistem pendukung kehidupan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1667 seconds (0.1#10.140)