Gali Jaringan Gas, Pekerja Temukan 8 Mumi

Sabtu, 23 September 2023 - 15:24 WIB
loading...
Gali Jaringan Gas, Pekerja Temukan 8 Mumi
Para arkeolog yakin temuan mumi tersebut berasal dari budaya pra-Inca yang disebut Ichma. (Foto: AP)
A A A
PERU - Para pekerja menemukan delapan mumi dan benda-benda pra-Inca saat memperluas jaringan gas di Peru pada Jumat (22/9/2023) waktu setempat.

“Kami menemukan kembali sisa-sisa sejarah Lima yang hilang yang tersembunyi di bawah rel dan jalanan,” kata Jesus Bahamonde, arkeolog di Calidda, perusahaan yang mendistribusikan gas alam di kota berpenduduk 10 juta orang itu, dikutip dari AP, Sabtu (23/9/203).

Dia mengatakan pekerjaan penggalian yang dilakukan perusahaan untuk memperluas sistem saluran gasnya selama 19 tahun terakhir telah menghasilkan lebih dari 1.900 temuan arkeologis dalam berbagai jenis, termasuk mumi, tembikar, dan tekstil. Sebagian besarnya dikaitkan dengan situs pemakaman di tanah datar.

Kota ini juga memiliki lebih dari 400 situs arkeologi besar yang tersebar di lanskap perkotaan. Dikenal sebagai “huacas” dalam bahasa Pribumi Quechua, konstruksi batako tersebut berada di puncak bukit yang dianggap sebagai tempat suci.



Jumlah relik tersebut tidak mengherankan. Kawasan yang sekarang menjadi Lima ini telah dihuni selama lebih dari 10.000 tahun oleh kebudayaan pra-Inca. Kemudian Kerajaan Inca dan kebudayaan kolonial yang dibawa oleh para penakluk Spanyol pada 1535.

Bahamonde memperlihatkan bal-bal manusia purba yang sedang duduk, dibungkus dengan kain katun dan diikat dengan tali yang dijalin dari tanaman merambat yang berada di parit 30 sentimeter di bawah permukaan.

Para arkeolog yakin temuan tersebut berasal dari budaya pra-Inca yang disebut Ichma. Kebudayaan Ichma terbentuk sekitar 1100 M dan berkembang melalui lembah-lembah yang sekarang disebut Lima hingga dimasukkan ke dalam Kekaisaran Inca pada akhir abad ke-15.

Arkeolog Roberto Quispe mengatakan bungkusan pemakaman tersebut kemungkinan berisi dua orang dewasa dan enam anak di bawah umur.



Terkadang, temuan arkeologis terbukti berasal dari masa yang lebih baru. Pada 2018, Quispe dan arkeolog lain yang bekerja di lingkungan La Flor menemukan peti mati kayu berisi tiga imigran Tiongkok yang dikuburkan pada abad ke-19.

Para arkeolog menemukan mayat-mayat itu di samping pipa rokok opium, rokok buatan tangan, sepatu, kartu remi Tiongkok, koin perak Peru yang dicetak pada 1898 dan sertifikat penyelesaian kontrak kerja yang ditulis dalam bahasa Spanyol di sebuah hacienda di selatan Lima.

Delapan bungkusan pemakaman itu ditemukan di dekat beberapa restoran dan jalan menuju satu-satunya pembangkit listrik tenaga nuklir di Peru . “Ketika orang-orang Spanyol tiba di abad ke-16, mereka menemukan seluruh penduduk tinggal di tiga lembah yang saat ini menempati Lima, yang kita miliki adalah semacam kelanjutan sejarah,” kata Bahamonde.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1366 seconds (0.1#10.140)