10 Harta Kuno Paling Berharga di Dunia yang Hilang Misterius

Minggu, 07 November 2021 - 18:10 WIB
loading...
10 Harta Kuno Paling Berharga di Dunia yang Hilang Misterius
ibangun di Istana Catherine pada abad ke-18 di Tsarskoe Selo, dekat St. Petersburg, Ruang Amber berisi mosaik, cermin, dan ukiran berlapis emas. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Sepanjang sejarah, harta yang fantastis dari berbagai budaya telah dicuri atau hilang. Seringkali pencurian atau hilangnya harta karun itu terjadi selama masa perang atau bencana.

Terkadang harta ini ada yang ditemukan kembali, tetapi banyak yang keberadaannya masih misterius. Di sini, akan diungkap beberapa harta karun yang hilang yang mungkin tidak akan pernah ditemukan.

Beberapa dari harta karun ini sekarang kemungkinan besar telah hancur, misalnya saja Tabut Perjanjian. Kendati begitu, ada beberapa harta karun yang masih bisa ditemukan kembali, seperti permata mahkota Irlandia dan berlian merah muda 333 karat.

Dikutip dari Live Science, berikut 10 harta karun kuno yang hilang dan keberadaanya masih misterius hingga kini:

1. Ruang Amber

Dibangun di Istana Catherine pada abad ke-18 di Tsarskoe Selo, dekat St. Petersburg, Ruang Amber berisi mosaik, cermin, dan ukiran berlapis emas, bersama dengan panel yang terbuat dari sekitar 450 kilogram emas.

BACA: Arkeolog Temukan Goa Berisi 400 Makam dan Harta Karun Peninggalan Romawi

Saat berkecamuk perang dunia II, Tsarskoe Selo ditangkap oleh Jerman pada tahun 1941. Panel serta seni ruangan itu jarah dan dibawa ke Jerman.

Sejak itu ruang Amber tidak pernah ditemukan dan diduga sudah dihancurkan. Untuk mengenang ruang Amber, kini replikanya dapat dilihat di Istana Catherine.

2. Sarkofagus Menkaure
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1061 seconds (10.177#12.26)