Ini Rahasia Mengapa Anak Bebek Berenang di Belakang Induknya

Selasa, 16 November 2021 - 21:04 WIB
loading...
Ini Rahasia Mengapa Anak Bebek Berenang di Belakang Induknya
Anak-anak bebek biasa berenang di belakang induknya dan berbaris rapi. Foto/sciencenewsforstudents
A A A
ANAK-anak bebek biasa berenang di belakang induknya dan berbaris rapi. Ke mana saja induk bebek pergi, anak-anak selalu mengikuti di belakangnya.

Para peneliti melaporkan penemuan baru mengapa anak-anak bebek selalu berenang di belakang induknya dalam Journal of Fluid Mechanics edisi 10 Desember. (Baca juga; Peneliti Temukan Rahasia Panjang Umur dalam DNA Ikan Rockfish )

Ternyata anak-anak bebek berenang di belakang induknya untuk menghemat energi atau tenaga. Mereka memanfaatkan ombak yang dibelah induknya yang berenang di depan. (Baca juga; Lebah Madu Bunyikan Alarm Khusus Ketika Diserang Lebah Raksasa )

Penelitian sebelumnya mempelajari berapa banyak energi yang dibakar bebek saat berenang. Penelitian itu menunjukkan bahwa anak-anak bebek menghemat energi saat berenang di belakang ibunya.

Zhiming Yuan, seorang ilmuwan angkatan laut yang bekerja di Universitas Strathclyde Glasgow, Skotlandia, membuat simulasi komputer dari gelombang yang dihasilkan unggas saat berenang. (Baca juga; Bayi Gajah di Aceh Mati Setelah Kehilangan Separuh Belalainya )

Yuan dan rekan-rekannya menghitung bahwa anak-anak itik yang berenang tepat di belakang induknya akan lebih mudah berenang. Berbeda ketika dengan berenang sendiri energi yang diperlukan lebih besar untuk menghasilkan ombak.

“Ini disebut hambatan gelombang, dan ini menahan gerakan anak bebek saat berenang. Tapi hambatan gelombang terbalik untuk bebek yang berada di sweet spot (di belakang induknya). Mereka merasakan dorongan bukannya tarikan,” demikian keterangan yang dikutip dari laman sciencenewsforstudents, Selasa (16/11/2021).

Anak-anak bebek berbagi ombak dengan saudaranya yang lain di belakangnya. Jadi seluruh anak bebek seolah mendapat tumpangan gratis dari ombak yang diciptakan induknya. Namun, jika terlambat berenang mengikuti induknya, maka akan jauh tertinggal karena ketinggalan tumpangan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2234 seconds (0.1#10.140)