4 Mitos yang Dipercaya Saat Gerhana Bulan, Cek Faktanya

Jum'at, 19 November 2021 - 21:34 WIB
loading...
4 Mitos yang Dipercaya Saat Gerhana Bulan, Cek Faktanya
Gerahana bulan menjadi fenomena alam unik yang memiliki mitos-mitos tertentu. Foto: AFP
A A A
JAKARTA - Gerhana bulan ternyata memiliki banyak mitos yang dipercaya oleh masyarakat tertentu. Apa saja?

Gerhana bulan adalah peristiwa langit di mana Bumi berada di antara Matahari dan Bulan. Selama gerhana, Bumi bergerak di antara Bulan dan Matahari dan menghalangi sinar matahari yang dipantulkan oleh permukaan Bulan.



Gerhana bulan terpanjang dalam 580 tahun terjadi hari ini, Jumat 19 November 2021. Ini akan menjadi peristiwa langit langka karena akan jadi salah satu yang terpanjang sejak tahun 1440, berlangsung selama enam jam dan akan terlihat di seluruh dunia.

Bulan akan muncul dalam warna merah darah, yang akan terjadi saat berkas sinar matahari melewati atmosfer bumi dan paling sedikit dibelokkan dan jatuh di bulan.

Di beberapa negara seperti India, ada mitos yang kerap terdengar saat gerhana bulan tiba. Apa saja? Berikut seperti dilansir dari laman Times of India.

1. Tidak Boleh Menonton Gerhana
Ada mitos menyebutkan tidak boleh menonton gerhana bulan dengan mata telanjang. Sebab khawatir akan berpengaruh terhadap mata. Akan tetapi menurut sains, gerhana bulan aman untuk disaksikan langsung dengan mata telanjang. Anda tidak perlu melakukan tindakan pencegahan khusus untuk menyaksikan gerhana bulan.

2. Dilarang Makan dan Minum Saat Gerhana Bulan
Mitos mengatakan, bahwa selama gerhana berlangsung dilarang makan dan minum karena akan berakibat hal-hal yang tidak diinginkan. Juga konon, makanan dan minuman akan beracun.

Namun, hal itu tidak benar. Sinar UV dan partikel lain yang menembus atmosfer planet kita tidak akan berbeda dari hari-hari biasanya. Sehingga aman untuk makan atau minum saat gerhana.

3. Tidak Boleh Berhubungan Seks
Menurut mitos saat gerhana, seseorang dilarang melakukan hubungan seks. Hal ini dikarenakan sebagai pertanda buruk. Akan tetapi dengan adanya anggapan tersebut, yakni adanya larangan berhubungan badan tersebut sebagai pertanda buruk telah dipatahkan secara ilmiah dan itu hanya mitos.



4. Hindari Menyentuh Benda Tajam
Mitos lainnya ketika gerhana bulan terjadi yaitu dilarang menyentuh benda tajam. Konon apabila Anda terluka, maka akan mengalami pendarahan dan sembuhnya lama. Faktanya, pendarahan bisa bertahan lebih lama dan bekas luka bisa bertahan seumur hidup. Ini adalah mitos yang aneh.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1492 seconds (0.1#10.140)