Hewan yang Memiliki Kelamin Ganda, Bisa Jadi Betina Sekaligus Jantan

Jum'at, 26 November 2021 - 22:04 WIB
loading...
Hewan yang Memiliki Kelamin Ganda, Bisa Jadi Betina Sekaligus Jantan
Hewan yang memiliki kelamin ganda bisa jantan atau betina. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Hewan yang memiliki kelamin ganda mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Namun faktanya di dunia ini ada beberapa hewan yang memiliki kelamin ganda.

Hewan yang memiliki kelamin ganda atau Hermafroditisme tidak terlalu luas dikenal dalam kerajaan hewan (Animalia).



Hewan dapat bereproduksi hanya secara aseksual atau seksual, atau bisa bergantian melakukan kedua modus tersebut. Banyak invertebrata dapat bereproduksi secara aseksual dengan cara pembelahan, pertunasan, gemula, fragmentasi dan regenerasi.

Satu penyelesaian terhadap permasalahan ini adalah hermafroditisme, di mana masing-masing individu mempunyai sistem reproduksi jantan maupun betina.

Jenis lain dari hermafroditisme pada hewan ialah hermafroditisme sekuensial, di mana suatu individu mengubah jenis kelaminnya selama masa hidupnya.

Namun sedikit setidaknya ada lima hewan yang memiliki kelamin ganda, seperti dikutip dari UNILAD:

1. Ikan Badut

Binatang laut, ikan badut semuanya lahir sebagai jantan, tetapi yang paling dominan berubah menjadi betina dan disebut sebagai hermafroditisme berurutan.

Perubahan ini akan terjadi jika kawanan ikan badut betina mati. Untuk menjaga spesies, ikan badut jantan akan mengubah jenis kelamin untuk memegang kendali dan mempertahankan kawanannya.

2. Kadal Berjanggut

Kadal berjanggut memiliki kemampuan mengubah jenis kelamin dari jantan menjadi betina saat masih di dalam telur atau bertransformasi. Menurut peneliti, fenomena tersebut terjadi secara alami dan bisa jadi dipicu oleh perubahan iklim.

Kendati demikian, kadal berjanggut secara genetik masih jantan tetapi memiliki peran betina dalam melakukan reproduksi. Bahkan, bisa jadi kadal tersebut bertelur lebih banyak daripada kadal yang memang betina.

3. Siput Pisang

Pada kesempatan tak terduga, siput pisang diketahui mampu menghamili dirinya sendiri. Lebih aneh lagi, siput pisang telah diamati menggerogoti penis pasangannya usai melakukan hubungan seks.

4. Ikan Kakatua

Sebagian besar ikan kakatua dilahirkan betina, tetapi sebenarnya memiliki genitalia dari kedua jenis kelamin. Ikan ini merupakan hermafrodit protogin, yang berarti betina spesies bisa menjadi jantan di setiap titik dalam kehidupan mereka.

Usai bertransformasi, beberapa ikan kakatua akan menjadi jantan super, lebih besar dari ikan kakaktua jantan khas.

5. Ikan Wrasse

Wrasses merupakan ikan laut dari famili Labridae, di mana kebanyakan spesiesnya berwarna cerah. Jika hewan lain berubah dari jantan ke betina, ikan wrasses justru berubah dari betina ke jantan.

Usai kawanan ikan wrasse jantan mati, ikan betina terbesar akan berubah menjadi jantan sebagai pemimpin baru. Proses perubahan itu akan berlangsung selama kurang lebih dua minggu.

Hewan yang memiliki kelamin ganda seperti yang dipaparkan di atas sangat mungkin berkembang biak seperti hewan berkelamin tunggal.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1922 seconds (0.1#10.140)