5 Sungai Paling Bersih di Dunia dan Bagaimana Menjaganya

Selasa, 30 November 2021 - 17:35 WIB
loading...
5 Sungai Paling Bersih di Dunia dan Bagaimana Menjaganya
Sungai Thames di London, Inggris, merupakan salah satu sungai yang bersih saat ini. Foto/Ist/tiskatri.wordpress
A A A
SUNGAI merupakan bagian yang tak lepas dari sejarah panjang beradaban dan aktivitas manusia sampai saat ini. Mulai dari kebutuhan dasar seperti minum, mandi, dan bersih-bersih, hingga kompleksnya pertanian, industrialisasi, bahkan pembangkit listrik.

Aktivitas manusia yang tinggi juga berdampak pada pencemaran sehingga beberapa sungai menjadi kotor. Namun, ada juga sejumlah sungai yang tetap bersih atau terjaga kebersihannya. Berikut 5 sungai paling bersih di dunia dikutip SINDOnews dari laman ibanplastic.

1. Sungai Caragh (Irlandia)
5 Sungai Paling Bersih di Dunia dan Bagaimana Menjaganya

Terletak di padang rumput hijau dan lahan pertanian yang kaya di barat daya Irlandia, Sungai Caragh masuk dalam daftar nomor satu sungai paling bersih kami di dunia. Sungai Caragh adalah rumah bagi spesies air tawar yang tak terhitung jumlahnya dan menjadi terkenal sebagai tempat nomor satu untuk memancing salmon di Irlandia. Irlandia secara serius melindungi sungai ini dan membuat Undang-Undang Konservasi Nasional, sehingga tidak ada pencemaran polusi. (Baca juga; 5 Ikan Terbesar di Sungai Amazon, Nomor 4 Pernah Meneror di Waduk Jatiluhur )

2. Sungai Torne (Swedia-Fnlandia)
5 Sungai Paling Bersih di Dunia dan Bagaimana Menjaganya

Sungai Torne yang mengalir melalui Swedia utara dan Finlandia, masuk dalam daftar sungai terbersih di dunia. Setengah dari sungai tersebut membentuk perbatasan kedua negara (Swedia dan Finlandia) merupakan sungai terbesar di wilayah Norrbotten. Sungai tetap bersih karena jarang ada tempat tinggal di kedua sisinya. Permukiman terdekat adalah Desa Kurravaara jaraknya sekitar 12 kilometer dari Sungai Torne, berada di timur laut Kiruna. (Baca juga; Bak Cinta yang Kering Ditelikung, Laut Aral Mengering Setelah 2 Sungai Sumber Mata Airnya Dialihkan )

3. Sungai St Croix (Amerika Utara)
5 Sungai Paling Bersih di Dunia dan Bagaimana Menjaganya

Sungai St Croix masuk dalam jalur National Scenic Riverway di bawah perlindungan Badan atau Layanan Taman Nasional. Sungai St Croix adalah anak Sungai Mississippi yang panjangnya sekitar 264 mil (264 kilometer) melintasi negara bagian Wisconsin dan Minnesota di Amerika bagian Utara. Sungai ini jadi sumber pembangkit listrik tenaga air untuk wilayah metropolitan Minneapolis, St Paul.

Sungai St Croix pernah menyadang status sungai paling kotor pada 1830-an akibat industri penggergajian industri kayu dan transportasi. Baru pada tahun 1915 masyarakat mengambil alih penangganan pembersihan sungai dan perlahan-lahan menghidupkannya kembali secara maksimal. (Baca juga; 5 Sungai dengan Buaya Terbanyak dan Paling Berbahaya di Dunia )

4. Sungai Tara (Montenegro)
5 Sungai Paling Bersih di Dunia dan Bagaimana Menjaganya

Mengalir melalui lereng pegunungan Balkan di Montenegro dan Bosnia-Herzegovina, Sungai Tara juga dikenal sebagai Permata Eropa atau kadang-kadang disebut Air Mata Eropa. Tidak hanya itu, sungai ini juga membentuk ngarai terdalam di Eropa! Kelimpahan kekayaan alam membentuk beragam habitat kehidupan bagi sejumlah ekosistem, bahkan dikatakan menyimpan spesies purba!

Dengan flora dan fauna yang melimpah, Sungai Tara yang masuk dalam Taman Nasional Durmitor dianggap sebagai salah satu sungai paling bersih di dunia. Sungai Tara merupakan salah satu sungai yang dilindungi UNESCO di bawah Warisan Alam Dunia dan Cagar Biosfer Dunia. (Baca juga; Menjelajah Keindahan Sungai Purba Tebat Rasau Belitung )

5. Sungai Thames (London)
5 Sungai Paling Bersih di Dunia dan Bagaimana Menjaganya

Sungai Thames yang membelah Kota London sangat ikonik. Sungai ini terlihat anggun dan tertata apik di tengah kepadatan dan kesibukan Kota London. Sebelum menjadi salah satu sungai paling bersih di Kota London, pernah dinyatakan “mati” akibat tingkat pencemarannya sangat tinggi karena banyak organisme biologis di sungai yang mati. (Baca juga; 3 Spesies Hiu Ditemukan di Sungai Thames London )

Faktanya, Sungai Thames pernah disebut "Bau Besar" pada 1800-an ketika wabah kolera terjadi. Wabah ini dampak dari kontaminasi limbah yang dibuang ke perairan Sungai Thames. Padahal Sungai Thames saat itu merupakan sumber utama air bersih masyarakat. Namun, kondisi itu berubah setelah dilakukan berbagai upaya untuk membersihkan Sungai Thames.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1865 seconds (0.1#10.140)