5 Ikan Terbesar di Sungai Amazon, Nomor 4 Pernah Meneror di Waduk Jatiluhur

Senin, 29 November 2021 - 14:29 WIB
loading...
5 Ikan Terbesar di Sungai Amazon, Nomor 4 Pernah Meneror di Waduk Jatiluhur
Ikan araipama ini adalah salah satu ikan terbesar di sungai Amazon yang panjangnya bisa mencapai empat meter lebih. Foto/dok
JAKARTA - Ikan terbesar di sungai Amazon diketahui ada beberapa jenis yang pertumbuhannya bisa mencapai empat meter lebih. Walaupun berisi hewan buas lainnya, ada beberapa ikan monster di sungai Amazon yang menjadi buruan para pemancing profesional.

Selama ini masyarakat baru mengetahui hewan buas yang menghuni hutan Amazon yang berada di Amerika Latin ini seperti ular anaconda atau buaya. Padahal ada beberapa jenis ikan yang dikenal sebagai ikan air tawar terbesar di dunia yang menghuni sungai Amazon.

Beberapa ikan sungai Amazon ini ada yang sempat dibudidayakan dan dipelihara oleh masyarakat kendati dikenal sebagai ikan yang ganas. Namun karena mulai dilarang pemerintah setempat, ikan predator asli sungai Amazon lambat laun mulai ditinggalkan sebagai ikan peliharaan.

BACA: 7 Ikan Air Tawar Paling Berbahaya, Salah Satunya Dikenal Suka Memakan Penis



Berikut 5 ikan terbesar di sungai Amazon yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Arapaima Gigas

5 Ikan Terbesar di Sungai Amazon, Nomor 4 Pernah Meneror di Waduk Jatiluhur


Ikan asli sungai Amazon ini bisa tumbuh hingga panjang 4,5 meter dan berat mencapai 200 kilogram. Kendati sebagai ikan predator dan berukuran besar, ikan Arapaima tidak berbahaya bagi manusia.

Ikan terbesar di sungai Amazon ini memiliki karakter yang sangat kuat dan dapat bertahan di perairan buruk sekalipun. Bahkan, Arapaima gigas memiliki insang yang ketika tumbuh dewasa bisa beralih fungsi seperti paru-paru.
halaman ke-1
KOMENTAR ANDA